Gak Mudah, Perlu Berdarah-Darah untuk Lintas Jurusan IPA ke IPS

Siswa lintas jurusan harus menyicil materi. Tidak dapat dianggap enteng, lintas jurusan butuh ekstra waktu dan tenaga untuk paham konsep (KalderaNews/Ist)
Siswa sedang belajar (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kata orang-orang, lintas jurusan dari IPA ke IPS merupakan hal yang mudah, sementara IPS ke IPA merupakan hal sulit. Padahal, lintas jurusan memang tidak gampang, apalagi ketika persiapan masuk kuliah. Siswa bukan hanya menghapal, tapi juga harus mengerti konsep.

Mempelajari konsep tentunya tidak bisa satu malam layaknya bangun candi. Jika kamu siswa sekolah, lalu merasa salah jurusan, maka saatnya tetapkan tujuan lebih awal. Sebagai calon peserta ujian masuk kuliah, maka harus siapkan dari sekarang.

Memang ada paket ujian yang mengkombinasikan IPA dan IPS, namun hal tersebut tidak efektif. Menguasai pelajaran di satu jurusan saja perlu waktu lama, apalagi jika dua jurusan. Yakinkan diri kamu bahwa pindah jurusan memperbesar peluang untuk lolos tes masuk kuliah.

BACA JUGA:

Beli Buku SBMPTN Soshum

Ini merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan. Dengan membeli buku baru, maka tekad serta motivasi intrinsik sudah ada. Jika tidak bisa membeli, maka carilah soal-soal yang beredar di sosial media, lalu cetak. Sejatinya, soal ujian setiap tahun selalu sama, hanya beda pola dan pertanyaan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*