Siapa pun Ditantang Jadi New Learner Saat Pandemi Covid-19

Pembelajaran online peserta didik saat belajar di rumah karena wabah virus Corona
Pembelajaran online peserta didik saat belajar di rumah karena wabah virus Corona (KalderaNews/Malena)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Management Lecturer STIE Sutaatmadja Bismantara menegaskan ada 3 permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran daring, yakni Pertama, infrastruktur terutama komunikasi, listrik, dan teknologi yang belum merata. Kedua, mental pelajar Indonesia yang ‘suka rebahan’ dan instant result. Ketiga, budaya pelajar yang identik sebagai followers, bukan leader apalagi doer.

Kendati demikian, siapa pun kini mau tidak mau harus bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19. Ia menegaskan Setiap elemen masyarakat adalah new learner dari situasi pandemi saat ini.

“Ada banyak strategi yang bisa digunakan untuk beradaptasi dengan situasi saat ini. Namun satu yang pasti, tidak ada strategi yang cocok bagi semua orang, no one size fit all,” tandasnya di  webinar Unpar Talk Series 6 bertajuk “The Future of Learning” pada Agustus 2020 ini.

BACA JUGA:

Sementara itu, Kepala Jurusan Hubungan Internasional Unpar, Elizabeth Dewi menegaskan pentingnya renegosiasi pembelajaran di tengah hilangnya batas antara rumah dan tempat belajar, proses migrasi dari luring (offline) kepada daring (online) dan fungsi pengajar dan pelajar yang berubah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*