3 Tips Memilih SMK

Peserta didik SMK
Peserta didik SMK (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekolah Menengah Kejuruan alias SMK merupakan jenjang pendidikan menengah setara SMA. Ada beragam jenis SMK, seperti SMEA, SMKK, SMEA Sore, STM, dan lain-lain. Bedanya pada jurusan yang disediakan. SMK mendidik peserta didik agar langsung bisa siap kerja sesuai dengan keahlian. SMK juga biasa disebut sebagai pendidikan vokasi.

Nah, bagi kamu yang sedang berada di jenjang pendidikan SMP dan ingin melanjutkan ke SMK, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

Kenali Bakat dan Minat
Lantaran SMK menyediakan beragam jurusan, kamu mesti mengenali bakat dan minat kamu terlebih dahulu, sebelum memilih SMK dan jurusannya. Misal kamu gemar memasak, kamu bisa memilih SMK yang menyediakan jurusan tata boga. Ada berjenis jurusan di SMK seperti administrasi, akuntansi, tata rias, teknik kendaraan ringan, teknik alat berat, dan lain-lain. Maka, kamu mesti memilih sesuai dengan bakat dan minat kamu. Belajar di SMK memang menyiapkan lulusan yang siap kerja. Namun, bukan hal yang mustahil jika selepas SMK, kamu bisa membuka usaha sendiri alias menjadi wirausaha.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*