Lulus SMA Ruskin Bond Ditertawakan Ibunya ketika Berkata ingin Jadi Penulis

The Room on the Roof, buku pertama Ruskin Bond yang terbit ketika ia berusia 17 tahun (India Today)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Ruskin Bond, penulis cerita anak-anak yang sangat terkenal, berkisah bahwa ia pernah ditertawakan ibunya ketika dulu saat lulus SMA berkata ingin menjadi penulis.

Waktu itu, di awal 1951, ia sedang bersama sang ibunda menanti pengumuman nilai pelajaran sekolah. Ruskin Bond yakin nilainya dalam Sastra Inggris, Sejarah dan Geografi cukup baik, namun tak terlalu pintar untuk Matematika dan Fisika.

Namun hobinya menulis cerita dan keinginannya menjadi penulis tampaknya tak cukup mendapat dukungan siapa pun.

Ayahnya ingin agar dia melanjutkan kuliah. Ibunya ingin dia menjadi tentara. Sedangkan kepala sekolah mengharapkan ia menjadi guru.

Ini menjadi pilihan sulit bagi Ruskin Bond, yang kini berusia 86 tahun, dan telah menulis lebih dari 40 buku cerita anak-anak, lebih dari 500 cerita pendek, esai dan novel.

Penulis cerita anak-anak India yang terkenal, Ruskin Bond (New India Express)

“Menjadi Guru adalah di urutan terakhir dalam benak saya. Saya merasa sudah cukup lelah dengan peraturan sekolah dan pekerjaan rumah. Dan saya tidak ingin mengalaminya lagi. Sedangkan jadi tentara? Malahan akan lebih banyak aturan, sepatu bot berat, baris-berbaris setiap pagi….. ”kisah dia, dikutip dari situs berita India, The Hindu (thehindu.com).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*