Catat! Inilah 17 Program Prioritas Presiden Prabowo, Yuk Kita Kawal 5 Tahun ke Depan!

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Ist.)
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024 – 2029. Inilah 17 program prioritasnya!

Prabowo dalam berbagai kesempatan menegaskan, ingin langsung bekerja, termasuk memenuhi janji kampanyenya yang terangkum dalam 17 program prioritas.

Nah, berikut 17 program prioritas yang dijanjikan Prabowo-Gibran.

BACA JUGA:

Swasembada pangan, energi, dan air

Swasembada pangan adalah salah satu janji yang berulang kali disampaikan Prabowo.

Prabowo menghendaki Indonesia mempunyai kemandirian dalam memproduksi pangan. Maka, ia pun mencanangkan sejumlah strategi seperti pencetakan lumbung pangan (food estate), terutama padi, jagung, dan singkong.

Demi mendukung rencana itu, Prabowo menyoroti masalah tata kelola air yang baik.

Sementara, untuk swasembada energi, Prabowo-Gibran meyakini Indonesia dapat menjadi pemasok utama energi hijau dunia melalui pengembangan produk biodiesel dan bioavtur dari sawit, bio-ethanol dari tebu dan singkong, serta energi hijau dari angin, matahari, dan panas bumi.

Mereka optimistis, pada 2029 program biodiesel B50 dan campuran ethanol E10 bisa tercapai.

Penyempurnaan sistem penerimaan negara

Pemerintahan ke depan berencana melaksanakan amanah UUD 1945 pasal 23A: Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang.

Maka, Prabowo berencana meningkatkan kapasitas lembaga penerimaan negara, untuk mendukung upaya mendapatkan sumber pembiayaan pembangunan berkelanjutan.

Reformasi politik, hukum, dan birokrasi

Bidang politik, hukum, dan birokrasi juga menjadi agenda prioritas pemerintahan Prabowo-Gibran, terutama menekan praktik politik uang, meningkatkan kesetaraan, serta kemudahan akses politik.

Untuk reformasi bidang hukum, kepastian hukum menjadi salah satu prasyarat stabilitas ekonomi dan demokrasi.

Lantas, untuk mewujudkan reformasi bidang birokrasi, pemerintahan ke depan bakal melanjutkan digitalisasi dan penguatan sistem satu data terpadu.

Digitalisasi dengan satu data terpadu diharapkan mampu meningkatkan efisiensi, tata kelola, serta mendukung pembinaan karier para birokrat.

Pencegahan dan pemberantasan korupsi

Pemerintahan Prabowo-Gibran menjadikan pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagai salah satu program prioritasnya.

Untuk pemberantasan korupsi, pemerintahan berencana menghilangkan keuntungan yang diterima pelaku sekaligus mengupayakan pemulihan keuangan negara.

Pemberantasan kemiskinan

Prabowo-Gibran menargetkan pemberantasan kemiskinan ekstrem sampai nol persen yang janjinya dilakukan dalam 2 tahun pertama masa kerja.

Pemerintahan ke depan juga menargetkan menurunkan angka kemiskinan relatif sampai di bawah 6 persen pada akhir 2029.

Pencegahan dan pemberantasan narkoba

Prabowo-Gibran meyakini penyalahgunaan narkoba bisa menghancurkan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat.

Maka, pemerintahan ke depan bakal memastikan langkah-langkah pencegahan dan pemberantasan peredaran dan penggunaan narkoba yang tepat sasaran dan menyeluruh.

Peningkatan BPJS kesehatan dan penyediaan obat untuk rakyat

Pemerintahan ke depan bakal melanjutkan dan meningkatkan program BPJS Kesehatan, yang didukung dengan penyediaan obat bagi seluruh rakyat.

Penguatan pendidikan, sains, dan teknologi, serta digitalisasi

Prabowo-Gibran berjanji mengupayakan dana riset dan inovasi mencapai 1,5 persen sampai dengan dua persen dari PDB dalam 5 tahun masa kerjanya.

Untuk mewujudkannya, kebijakan pemerintah yang mendukung investasi di bidang pendidikan, sains dan teknologi, serta digitalisasi diyakini sebagai keharusan.

So, Prabowo-Gibran mencanangkan sejumlah strategi, di antaranya membentuk dan mengembangkan dana abadi pendidikan, dana abadi pesantren, dana abadi kebudayaan, serta dana abadi lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Penguatan pertahanan dan keamanan negara dan pemeliharaan hubungan internasional yang kondusif

Prabowo-Gibran berkeyakinan kemakmuran dan kehidupan yang damai tercipta bilamana negara kondusif dan aman.

Maka, negara yang kuat akan mampu melakukan dan menciptakan apa pun yang dicita-citakan serta disegani dalam hubungan antarbangsa.

Penguatan kesetaraan gender dan perlindungan hak perempuan, anak, serta penyandang disabilitas

Pemerintah ke depan bertekad menciptakan masyarakat yang adil dan inklusif, memperkuat kesetaraan gender, dan melindungi hak-hak perempuan, anak, serta penyandang disabilitas.
Demi mewujudkan itu, Prabowo-Gibran akan mengupayakan kebijakan dan inisiatif yang melindungi hak perempuan dan kelompok disabilitas, termasuk hak pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi politik.

Pemerintahan ke depan juga menyoroti secara khusus perlindungan tumbuh kembang anak, termasuk kecukupan gizi.

Menjamin pelestarian lingkungan hidup

Kepastian terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup juga menjadi prioritas utama pemerintahan Prabowo-Gibran.

Pemerintahan ke depan menargetkan percepatan pencapaian target pembangunan berkelanjutan, percepatan pencapaian target net zero emission, menurunkan jejak karbon (carbon footprint) dan jejak air (water footprint) untuk berbagai produk, dan memanfaatkan teknologi bioplastik dalam kehidupan sehari-hari.

Menjamin ketersediaan pupuk, benih, dan pestisida langsung ke petani

Produksi pangan untuk tujuan swasembada amat ditentukan ketersediaan dan akses pupuk, benih unggul, serta pestisida yang terjangkau bagi petani.

Maka, pemerintahan ke depan berjanji akan menjamin ketersediaan serta akses pupuk, benih, dan pestisida ke petani.

Menjamin rumah murah dan sanitasi untuk masyarakat desa dan rakyat yang membutuhkan

Prabowo-Gibran berjanji membangun atau merenovasi 40 rumah per desa/kelurahan per tahun sehingga akan tercapai tiga juta rumah mulai tahun kedua masa kerja.

Selain itu, pemerintahan ke depan yakin negara wajib hadir untuk menyediakan perumahan yang terjangkau, serta sanitasi yang layak bagi masyarakat.

Melanjutkan pemerataan ekonomi, penguatan UMKM dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)

Pemerataan ekonomi, penguatan UMKM, dan pembangunan IKN menjadi program prioritas pemerintahan Prabowo-Gibran, dengan memperkuat skala ekonomi dan pembangunan kelembagaan pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM), serta kewirausahaan.

Pun akan memperkuat program pemodalan bagi UMKM dan yang lain demi menumbuhkan wirausaha baru, terutama di kalangan anak muda.

Selain itu, pemerintahan ke depan juga berkomitmen melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk menciptakan pusat pertumbuhan baru di luar Pulau Jawa.

Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi berbasiskan sumber daya alam (SDA) dan maritim

Pemerintahan Prabowo-Gibran berjanji melanjutkan program hilirisasi dan industrialisasi, lantaran akan meningkatkan nilai tambah, lapangan pekerjaan, dan efek pengganda lainnya.

Upaya hilirisasi tersebut bakal dilakukan dengan memastikan adanya transfer teknologi, pengembangan SDM lokal, dan menjaga lingkungan.

Hilirisasi yang telah dilakukan seperti hilirisasi nikel bakal dilanjutkan dan ditambah dengan hilirisasi bauksit, tembaga, timah, produk agro, serta produk maritim.

Memastikan kerukunan antar umat beragama, kebebasan beribadah, dan perawatan rumah ibadah

Kerukunan antarumat beragama, kebebasan beribadah, dan perawatan rumah ibadah juga menjadi prioritas utama Prabowo-Gibran.

Maka, kebijakan yang mendukung kerukunan antarumat beragama, kebebasan beribadah dan perawatan rumah ibadah menjadi salah satu program prioritas pemerintahan Prabowo-Gibran.

Pelestarian seni budaya, peningkatan ekonomi kreatif, dan peningkatan prestasi olahraga

Pemerintahan Prabowo-Gibran menilai pelestarian seni budaya, peningkatan ekonomi kreatif, serta peningkatan prestasi olahraga adalah bagian integral dari identitas bangsa.

So, pemerintahan baru berjanji menyediakan dana abadi kebudayaan yang akan menjamin pelestarian budaya secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*