9 Rekomendasi Penggunaan AI untuk Mahasiswa Berdasarkan Buku Panduan GenAI Dari Kemendikbudristek

Cover buku panduan penggunaan AI oleh Kemendikbudristek (Ist).
Cover buku panduan penggunaan AI oleh Kemendikbudristek (Ist).
Sharing for Empowerment

JAKARTA,KalderaNews.com – Catat! Inilah 9 rekomendasi penggunaan AI untuk mahasiswa berdasarkan buku panduan GenAI yang dikeluarkan resmi dari Kemendikbudristek.

Kemendikbudristek merilis buku Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence (GenAI) pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek, Prof. Dr. Sri Suning Kusumawardani mengatakan bahwa buku panduan tersebut ditujukan untuk mahasiswa maupun dosen.

BACA JUGA:

Adapun isi dari buku panduan penggunaan  AI di kampus Indonesia ini antara lain; penggunaan generative AI oleh mahasiswa dan dosen, peluang penggunaan AI, ragam aplikasi generative AI, etika penggunaannya, literasi AI, tantangan dan risiko generative AI, strategi pencegahan risiko generative AI, dan pertimbangan pemilihan generative AI.

Dalam buku panduan tersebut juga rekomendasi penggunaan AI untuk mahasiswa. Seperti apa isi rekomendasinya? Yuk, simak!

1) Hormati hukum dan peraturan ujian

Penting untuk selalu mematuhi peraturan hukum dan peraturan yang berlaku dalam konteks akademik dan ujian.

2) Refleksi pada tujuan pembelajaran Anda

Selalu pikirkan kembali dan tetapkan tujuan pembelajaran Anda agar penggunaan ChatGPT dapat lebih terarah dan bermanfaat.

3) Gunakan ChatGPT sebagai mitra penulisan

Manfaatkan ChatGPT untuk membantu dalam proses penulisan, baik itu untuk brainstorming ide, menyusun draf, atau memperbaiki tulisan.

4) Gunakan ChatGPT sebagai mitra belajar

Anggap ChatGPT sebagai alat bantu yang dapat memberikan penjelasan, contoh, dan latihan soal untuk memperdalam pemahaman Anda terhadap materi yang dipelajari.

5) Iterasi dan berdiskusi dengan ChatGPT

Gunakan ChatGPT untuk berdiskusi dan melakukan iterasi pada konsep-konsep yang sulit dipahami, Ini membantu dalam memperjelas dan menguatkan pemahaman.

6) Ringkas materi pembelajaran dengan ChatGPT

ChatGPT dapat membantu merangkum materi pembelajaran, membuatnya lebih mudah diingat dan dipahami.

7) Tingkatkan keterampilan coding dengan ChatGPT

Manfaatkan ChatGPT untuk meningkatkan keterampilan coding Anda dengan meminta contoh kode, penjelasan, atau bantuan debugging.

8) Waspadai risiko saat menggunakan ChatGPT

Kenali dan pahami risiko yang mungkin muncul saat menggunakan teknologi ini, seperti informasi yang kurang akurat atau bias yang mungkin ada dalam data.

9) Baca daftar periksa di akhir bagian ini sebelum menggunakan ChatGPT

Pastikan untuk membaca dan memahami daftar periksa yang disediakan di akhir bagian ini untuk memaksimalkan manfaat dan mengurangi risiko penggunaan ChatGPT.

Itulah 9 rekomendasi penggunaan AI untuk mahasiswa berdasarkan buku panduan GenAI yang resmi dari Kemendikbudristek. Jadi, pastikan kamu menggunakan AI dengan bijak, ya!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*