Visitasi dan Monitoring Pengurus Yayasan Tarakanita Bentuk Sapaan Orang Tua Kepada Anak-anaknya

Visitasi dan monitoring Pengurus Yayasan Tarakanita bersama dengan para Kepala Divisi-Biro di Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta
Visitasi dan monitoring Pengurus Yayasan Tarakanita bersama dengan para Kepala Divisi-Biro di Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta (KalderaNews/Dok. Tarakanita)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Kegiatan visitasi dan monitoring yang dilakukan oleh Pengurus Yayasan Tarakanita bersama dengan para Kepala Divisi-Biro di Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta diselenggarakan selama tiga hari, 2-4 Oktober 2024.

Visitasi dan monitoring ini dimaksudkan untuk menyamakan pemahaman yang komprehensif mengenai Rencana Strategis 2024/2025-2029/2030 di mana tahun ini adalah tahun pertama pemetaan yang memfokuskan pada sasaran “School Grouping”.

Selain itu, kegiatan visistasi dan monitoring juga merupakan kesempatan untuk dilakukannya dialog atau wawan hati yang dilakukan oleh para struktural unit-unit sekolah beserta para suster CB yang berkarya di pendidikan.

BACA JUGA:

“Selayaknya orang tua yang mengunjungi anak-anaknya,” inilah yang dikatakan oleh Sr. Marie Yose Tri Sundari, CB (Ketua Pengurus Yayasan Tarakanita) dalam sambutannya mengawali kegiatan visitasi dan monitoring.

Kegiatan visitasi dan monitoring di wilayah Yogyakarta dihadiri lengkap oleh jajaran Pengurus Yayasan Tarakanita yaitu Sr. Marie Yose Tri Sundari, CB (Ketua), Sr. Brigitta Veronica Raimundawati, CB (Sekretaris I), Yohanes Bambang Kristianto (Sekretaris II), Antonius Kristiyanto Wahyu Indria (Bendahara), Agustinus Purna Irawan (Anggota), dan Ibu Theresia Triza Yusino (Anggota).

Sedangkan Kepala Divisi-Biro Kantor Pusat dihadiri oleh Ambrosius Sigit Kristiantoro (Kepala Devisi Pendidikan), Aurelius Arya Saputra (Kepala Biro SDM), Agustinus Suhartanta (Kepala Biro Keuangan), dan Paula Ruliyati Puji Lestari (Kepala Biro Umum).

Jajaran pengurus dan para Kepala Divisi-Biro Kantor Pusat bisa mendengarkan secara langsung segala keluh-kesah dan harapan dari pihak sekolah yang wakili oleh para struktural unit dan juga para suster yang berkarya di unit-unit sekolah.

Kegiatan visitasi dan monitoring diawali dengan pertemuan antara Struktural Kantor Wilayah Yogyakarta yang dilakukan di aula Yayasan Tarakanita Jl. Dr. Sutomo No.56 Yogyakarta.

Visitasi dan monitoring Pengurus Yayasan Tarakanita bersama dengan para Kepala Divisi-Biro di Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta
Visitasi dan monitoring Pengurus Yayasan Tarakanita bersama dengan para Kepala Divisi-Biro di Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta (KalderaNews/Dok. Tarakanita)

Dalam sambutannya, Sr. Laurentina Setyasminarti CB, Kepala Kantor Yayayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta menyambut baik kegiatan visitasi dan monitoring ini.

Selain sebagai bentuk monitoring berkaitan dengan jalannya arah dasar lembaga, kegiatan ini juga bisa diartikan sebagai sapaan atau personal touch dari para pengurus dan Kepala Divisi-Biro Kantor Pusat kepada unit-unit sekolah di wilayah.

Segala masukan, arahan, dan juga rekomendasi-rekomendasi yang diberikan akan semakin memotivasi dan menambah kesatuan gerak dan langkah dalam upaya meningkatkan pelayanan bagi para peserta didik.

Acara dilanjutkan dengan visitasi dan monitoring ke 2 unit sekolah dan 2 asrama yaitu SMA Stella Duce 1 yang berada di jalan Sabirin No.1-3 Kota baru, SMA Stella Duce 2 Yogyakarta, dan Asrama “Carlo” yaitu asrama putra dan Asrama “Carla” yaitu asrama putri SMA Stella Duce 2 Yogyakarta.

Kegiatan visitasi dan monitoring pada hari ke dua dilakukan dengan mengunjungi 5 unit sekolah dan 1 unit asrama yaitu SD Tarakanita Ngembesan yang berada di Kecamatan Turi lereng Gunung Merapi, KB-TK Tarakanita Bumijo dan SD Tarakanita Bumijo yang berada dikomplek Bumijo, Sindunegara, perjalanan dilanjutkan Ke SMP Stella Duce 1 Yogyakarta di daerah Dagen-Mallioboro dan diakhiri ke SMP Stella Duce 2 Yogyakarta di daerah Suryowijayan beserta asrama Elisabeth khusus bagi pelajar putri SMP Stella Duce 2 Yogyakarta.

Para pengurus dan Kepala Divisi-Biro Kantor Pusat bisa melihat secara langsung kondisi unit-unit sekolah sehingga bisa menyampaikan berbagai saran, masukan, dan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat bagi kemajuan pelayanan dan pendampingan kepada peserta didik khususnya dan kemajuan bagi lembaga secara umum.

Presentasi value propositions saat visitasi dan monitoring Pengurus Yayasan Tarakanita bersama dengan para Kepala Divisi-Biro di Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta
Presentasi value propositions saat visitasi dan monitoring Pengurus Yayasan Tarakanita bersama dengan para Kepala Divisi-Biro di Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta (KalderaNews/Dok. Tarakanita)

Wawan hati menjadi kegiatan akhir visitasi dan monitoring pada hari ke tiga. Wawan hati  sesi I dilakukan dengan para struktural unit sekolah dan para suster yang berkarya di unit sekolah.

Dalam wawan hati dibahas tentang inspirasi (insight) dan strategi apa yang dapat dilakukan dan dioptimalkan sesuai dengan situasi, kebutuhan, dan karakter masing-masing unit sekolah.

Wawan hati diawali dengan presentasi sesuai dengan Value Propositions masing-masing blok yaitu Developing Culture of Research untuk blok unit sekolah KB-TK Tarakanita Bumijo, SD Tarakanita Bumijo, dan SMP Stella Duce 1 Yogyakarta, Excellent in Science and Culture untuk blok unit sekolah SD Tarakanita Ngembesan, SMP Stella Duce 2 Yogyakarta, dan SMA Stella Duce 2 Yogyakarta, dan Research-preneurship Society untuk SMA Stella Duce 1 Yogyakarta.

Wawan hati diakhiri dengan struktural kantor wilayah, banyak masukan, saran, dan rekomendasi yang disampaikan oleh jajaran Pengurus dan para Kepala Divisi-Biro Kantor Pusat yang sangat bermanfaat bagi kemajuan Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta. (Penulis: Lusia Gunawati Sintadewi, Pjs Kepala Bagian Umum)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*