Mau Kuliah di Banjarmasin? Ini Estimasi Biaya Hidup Mahasiswa yang Perlu Kamu Tahu

Dana pendidikan, biaya sekolah, uang SPP, rencana dana pendidikan
biaya pendidikan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

BANJARMASIN,KalderaNews.com – Apakah kamu tertarik untuk kuliah di Banjarmasin? Yuk, cek estimasi biaya hidup mahasiswa di Banjarmasin yang perlu kamu tahu!

Banjarmasin, sebagai ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, menawarkan berbagai kemudahan bagi para mahasiswa yang datang untuk menempuh pendidikan tinggi.

Banjarmasin memang dikenal dengan salah satu universitas negerinya, yakni Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

ULM baru-baru ini terkena skandal mafia jurnal yang menurunkan akreditasinya.

BACA JUGA:

Namun, ULM bukan satu-satunya kampus di Banjarmasin! Ada beberapa kampus ternama lainnya seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA), Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMBJM), Universitas Achmad Yani (Uvaya) dan sebagainya yang bisa menjadi pilihanmu berkuliah di kota ini.

Namun, sebelum memutuskan untuk kuliah di sana, penting untuk mengetahui perkiraan biaya hidup yang perlu dipersiapkan.

Berikut adalah rincian biaya hidup mahasiswa di Banjarmasin.

Biaya tempat tinggal

Sebagian besar mahasiswa memilih untuk tinggal di kos-kosan selama masa studi. Harga kos di Banjarmasin bervariasi tergantung pada lokasi, fasilitas, dan jenis kos yang dipilih.

Untuk kos sederhana berkisar antara Rp750.000 – Rp1.000.000 per bulan.

Sementara untuk kos dengan fasilitas lengkap (AC, kamar mandi dalam, Wi-Fi): Rp1.500.000 – Rp1.800.000 per bulan.

Bagi yang ingin menghemat, ada juga opsi untuk tinggal di asrama mahasiswa yang biasanya disediakan oleh kampus dengan biaya lebih terjangkau.

Biaya makan

Untuk kebutuhan makan sehari-hari, Banjarmasin memiliki banyak warung makan dan kantin kampus yang menawarkan harga relatif murah.

Pada umumnya, biaya makan di Banjarmasin bisa habiskan biaya di kisaran Rp15.000 – Rp35.000 tergantung apa yang dimakan.

Jika mahasiswa memasak sendiri, anggaran makan bisa lebih ditekan, dengan perkiraan biaya bulanan sekitar Rp700.000 – Rp1.000.000.

Transportasi

Banjarmasin tidak memiliki sistem transportasi umum seperti MRT atau LRT, tetapi mahasiswa dapat menggunakan angkutan kota (angkot), ojek online, atau membawa motor sendiri.

Untuk biaya angkotnya sendiri berada di kisaran Rp5.000. Sementara biaya bensin per bulan bisa berkisar Rp300.000-Rp700.000 tergantung kebutuhan.

Biaya kebutuhan sehari-hari

Kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi, listrik, dan internet juga harus diperhitungkan. Listrik sendiri ada di kisaran Rp100.000 – Rp200.000 tergantung pemakaian di kos.

Sementara untuk  paket internet biasa di kisaran Rp100.000 – Rp200.000 per bulan. Nah, untuk biaya sabun mandi, shampoo dll bisa di kisaran Rp100.000 – Rp200.000 per bulan.

Biaya hiburan

Terakhir, kamu bisa anggarkan untuk biaya. Di Banjarmasin, terdapat banyak tempat hiburan seperti kafe, bioskop, dan pusat perbelanjaan.

Setidaknya, kamu bisa anggarkan Rp100.000 – Rp200.000 per bulan tergantung kebutuhan juga.

Jika dijumlahkan, perkiraan total biaya hidup mahasiswa di Banjarmasin berkisar antara Rp1.800.000 hingga Rp3.900.000.

Tentunya, angka ini bisa bervariasi tergantung gaya hidup dan kebiasaan setiap mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*