Catat Sekarang! Jadwal Ulang Asesmen Nasional SMP dan SMA Tahun 2024 Gelombang 2 dan Khusus

Ilustrasi: Registrasi SNMPTN, SBMPTN, dan UTBK Mulai Hari Ini (Ist.)
Ilustrasi: Registrasi SNMPTN, SBMPTN, dan UTBK Mulai Hari Ini (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Yuk, segera catat jadwal ulang asesmen nasional SMP dan SMA tahun 2024 gelombang 2 dan khusus di sini.

Asesmen Nasional (AN) untuk jenjang SMP dan SMA sudah dilaksanakan pada sejak Agustus hingga pertengahan September 2024.

Mengutio dari laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), AN adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

BACA JUGA:

AN sendiri dilaksanakan dengan tiga instrumen yakni asesmen kompetensi minimum mulai dari AKM literasi dan numerasi, kemudian survei karakter dan survei lingkungan belajar.

Adapun literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas siswa.

Sementara untuk aspek numerasi merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk siswa sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Nah, bagi sekolah SMP dan SMA sederajat yang sebelumnya sempat mengalami kendala ketika melaksanakan AN sebelumnya, maka bisa mengikuti jadwal susulan. Yuk, catat baik-baik agar tidak ketinggalan!

Jadwal ulang asemen nasional 2024 jenjang SMP dan SMA sederajat

Untuk jadwal ulang AN 2024 SMP dan SMA gelombang 1 sudah dilaksanakan pada tanggal 30 September-1 Oktober 2024. Adapun untuk gelombang 2 dan 3-nya sendiri adalah:

Gelombang 2

  • Rabu – Kamis ( 2-3 Oktober 2024) untuk jenjang SMA/SMK/SMALB/Paket C/PKPPS Uliya sederajat dan SMP/MTs/SMPLB/Paket B/PKPPS Wustha sederajat.

Gelombang khusus

  • Sabtu – Minggu (5-6 Oktober 2024) untuk jenjang Paket C/PKPPS Uliya dan Paket B/PKPPS Wustha.

Itulah jadwal ulang asesmen nasional SMP dan SMA tahun 2024 gelombang 2 dan khusus yang bisa dicatat baik-baik dan disiapkan mulai dari sekarang!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*