Wujudkan Nilai Celebration dan Compassion, SMP Santo Yosef Tarakanita Surabaya Laksanakan Rekoleksi SD Negeri, Seminar Parenting dan Donor Darah

Rekoleksi SD Negeri Surabaya
Rekoleksi SD Negeri Surabaya (KalderaNews/Dok. SMP Santo Yosef Tarakanita Surabaya)
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com – SMP Santo Yosef Tarakanita Surabaya kembali menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan komunitas sekolah dan masyarakat luas pada tanggal 28 September 2024. Dalam rangka mendukung misi pendidikan holistik dan nilai-nilai sosial, tiga kegiatan utama berhasil dilaksanakan, yaitu rekoleksi SD Negeri, seminar digital parenting dan donor darah.

SMP Santo Yosef Surabaya menggelar kegiatan rekoleksi bagi siswa dari beberapa SD Negeri di Surabaya Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun dan memperdalam spiritualitas para siswa melalui refleksi diri dan pembinaan karakter.

Dengan tema “Alam dan Lingkungan”, rekoleksi ini dipimpin oleh tim katolisitas dari sekolah. Selama kegiatan, siswa diajak merenungkan peran mereka sebagai pelajar yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

BACA JUGA:

Kegiatan rekoleksi diisi dengan berbagai aktivitas seperti permainan kelompok, renungan, dan doa bersama, yang menekankan pentingnya karakter compassion, integrity, dan kerja sama.

Seminar Digital Parenting juga diselanggarakan bersamaan dengan Rekoleksi. SMP Santo Yosef Surabaya menyelenggarakan Seminar Digital Parenting dengan tema “Menjadi Orang Tua Cerdas bagi Generasi Alpha”. Seminar ini ditujukan bagi orang tua murid, dengan tujuan memberikan pemahaman mengenai bagaimana mengasuh anak-anak dalam lingkungan digital yang terus berkembang.

“Posisi orang tua saat ini adalah Digital Immigrants (tumbuh sebelum teknologi digital populer), sedangkan anak-anak kita, yaitu Digital Native (mengenal teknologi elektronik sejak usia dini). Sehingga, orang tua diharapkan lebih mengakrabi teknologi, bukan malah menjauhi.  Kita perlu menerapkan digital parenting, yaitu membersamai anak untuk lebih bertanggungjawab terhadap pemanfaatan teknologi digital. Kita perlu menyadarkan anak mengenai batasan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dengan menggunakan perangkat digitalnya. “ ungkap Andhika narasumber Digital Parenting.

Seminar ini menghadirkan pakar psikolog dari Unika Widya Mandala Surabaya, Andhika  Alexander Repi, M. Psi, yang membahas berbagai isu, mulai dari cara bijak menggunakan teknologi hingga risiko yang harus dihindari. Para orang tua yang hadir sangat antusias dalam menanggapi dan bertanya dalam seminar tersebut. Diskusi interaktif terjadi saat para orang tua diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dan bertanya langsung kepada narasumber. Acara ini memberikan banyak wawasan penting yang diharapkan dapat membantu orang tua dalam menghadapi tantangan pengasuhan di era digital.

Selain kedua kegiatan tersebut, Donor Darah bagian dalam rangkaian kegiatan ini. Alumni SMP Santo Yosef Surabaya Angkatan 93 menyelenggarakan kegiatan Donor Darah sebagai bentuk kepedulian sosial. Bekerja sama dengan RSUD Dr. Soetomo kegiatan ini berlangsung di Lobby dan Ruang UKS sekolah dan berhasil mengumpulkan puluhan kantong darah yang nantinya akan disalurkan ke rumah sakit.

Dengan tema “Setetes Darahmu, Selamatkan Sejuta Jiwa “, kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari alumni, karyawan, dan masyarakat umum. Antusiasme peserta sangat terlihat, dan mereka berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan untuk semakin mempererat ikatan alumni sekaligus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Selain donor darah, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antara alumni dengan para guru dan teman-teman lama.

Dengan suksesnya pelaksanaan ketiga kegiatan ini, SMP Santo Yosef Surabaya terus membuktikan komitmennya dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang peduli, inovatif, dan berkontribusi bagi masyarakat luas. Nilai-nilai compassion, integrity, dan collaborative action semakin menjadi dasar bagi setiap langkah yang diambil oleh sekolah ini dalam mendidik generasi masa depan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*