Menarik Nih! UTBK Akan Jadi Tes Terstandar untuk Siswa SMA yang Mau Lanjut Kuliah ke Luar Negeri

Kuliah luar negeri. (kalderanews.com)
Kuliah luar negeri. (kalderanews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kemendikbudristek bakal menjadikan UTBK menjadi tes terstandar untuk siswa SMA sederajat yang mau melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Hal ini lantaran sejumlah kampus di luar negeri, ternyata tidak bisa langsung menerima lulusan SMA dari Indonesia.

Karena sejumlah kampus memiliki standar atau tes mandiri yang ditetapkan saat menerima mahasiswa internasional.

BACA JUGA:

Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo menyatakan, setiap universitas memiliki kebijakan dalam menerima mahasiswa baru, termasuk, batas nilai yang diterima.

Merancang tes terstandar

Anindito menilai, Indonesia perlu melengkapi lulusan dengan tes terstandar, misal menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Tes terstandarnya bisa menggunakan UTBK dari Indonesia atau SAT dari Amerika atau yang lain, tergantung kebijakan universitas di luar negeri,” ujar Anindito.

Nah, bila ada perguruan tinggi luar negeri yang memerlukan hasil tes terstandar bisa diperoleh dari tes yang diadakan untuk keperluan seleksi di Indonesia.

Kini, Kemendikbudristek sedang merancang dan melengkapi tes seleksi yang akan diterapkan untuk murid kelas 12.

“Saat ini kami terus melengkapi tes seleksi untuk murid kelas 12 dan melakukan sosialisasi termasuk melalui Atase Pendidikan di luar negeri,” papar Anindito.

“Standar kurikulummya juga bakal setara. Tapi pencapaian tiap murid kan bervariasi. Apalagi, tiap universitas punya kebijakan sendiri, batas nilai berapa yang diterima dan apakah perlu dilengkapi hasil tes terstandar,” ujar Anindito.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*