Tambah 100 Lulusan, Total Lulusan Fakultas Farmasi USD Capai 3.575 Apoteker

Sidang Terbuka dan Pengambilan Sumpah/Janji Apoteker Angkatan ke-47 Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker USD dihadiri sebanyak 100 mahasiswa pada Sabtu, 21 September 2024
Sidang Terbuka dan Pengambilan Sumpah/Janji Apoteker Angkatan ke-47 Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker USD dihadiri sebanyak 100 mahasiswa pada Sabtu, 21 September 2024 (KalderaNews/Dok. USD)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan Sidang Terbuka dan Pengambilan Sumpah/Janji Apoteker Angkatan ke-47 pada Sabtu, 21 September 2024. Sebanyak 100 mahasiswa lulusan program studi Pendidikan Profesi Apoteker USD ditemani oleh orangtua/wali mengikuti acara tersebut yang diselenggarakan di R. Drost, Kampus III, Paingan.

Sebelum melakukan sumpah, lulusan harus terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan selama satu tahun dan telah lulus dalam beberapa uji dan tes. Hal ini diungkapkan Dr. apt. Dewi Setyaningsih selaku Dekan Fakultas Farmasi USD.

“Semua yang ada di sini sudah lulus dan menjalani Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI) yang berbasis Computer Based Test (CBT) yang dilangsungkan secara nasional pada 4 Agustus 2024 dan juga lulus ujian OSCE yang dilaksanakan pada 20 hingga 22 juli 2024. Dengan tes ini, disparitas lulusan dari perguruan tinggi yang berbeda-beda dapat dieliminasi sehingga stakeholders nantinya tidak pilih-pilih lulusan karena semuanya sudah memiliki dan memenuhi standar kompetensi yang diberikan oleh pemerintah yang mana didalamnya terdapat 652 jenis keterampilan yang wajib dimiliki,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Dalam sambutannya mewakili rektor, Caecilia Tutyandari, Ph.D. selaku Wakil Rektor IV menuturkan rasa terima kasih karena sudah mempercayakan USD sebagai tempat para lulusan dan tetap membawa nilai USD dalam pekerjaan nanti.

“Sebelumnya kalian sudah meraih gelar S1 baik di USD maupun tidak, sekarang sudah bertambah gelar dan pencapaian kalian. Terima kasih sudah mempercayakan USD sebagai tempat pilihan anda dan saya berharap pendidikan satu tahun dapat menumbuhkan rasa sayang kalian pada almamater serta membawa nilai-nilai yang ditanamkan USD,” tegasnya.

Para lulusan sudah siap untuk bersaing dan bekerja dimana pun tempat yang mereka inginkan. Kampus berharap mereka kembali ke daerah asal masing-masing sesuai anjuran pemerintah untuk berkontribusi bagi daerahnya masing-masing. Sejauh ini sudah ada 13 lulusan yang sudah mendapatkan pekerjaan dan yang lainnya akan segera menyusul.

apt. Ignatius Parahita Putranto S.Farm, salah satu apoteker yang baru mengucapkan janji, menuturkan bahwa kerja keras dan perjuangan yang dihadapi selama ini barulah awal perjalanan yang panjang dan menanti.

“Gelar yang kita dapatkan dengan penuh perjuangan dan rintangan telah kita lewati, namun masih permulaan dari apa yang kita nanti akan hadapi dan jalani. Terima kasih kepada orang tua dan keluarga kami masing-masing yang telah membantu dan menyemangati kami selama ini. Kami akan berusaha untuk orang berilmu yang mengilmukan orang lain, orang cerdas yang mencerdaskan orang lain dan jadi orang sukses yang menyukseskan orang lain,” tegasnya.

Dengan bertambahnya 100 lulusan, Fakultas Farmasi USD telah menghasilkan 3575 apoteker yang berkarya di berbagai penjuru Indonesia.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*