Pendaftaran Beasiswa DAAD 2024 Dibuka! Bisa Kuliah Gratis ke Jerman dan Dapat Biaya Hidup Bulanan

Kuliah di Jerman dengan Beasiswa S2 DAAD
Kuliah di Jerman
Sharing for Empowerment

JAKARTA KalderaNews,com – Pendaftaran beasiswa Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) 2024 masih dibuka. Kamu bisa kuliah gratis ke Jerman.

Beasiswa DAAD jenjang S2-S3 masih dibuka hingga akhir tahun ini. Perlu diketahui, beasiswa DAAD sendiri memiliki berbagai macam kategori.

Mulai dari khusus pendidikan bidang sains, seni, penelitian, atau diperuntukkan kelompok tertentu yang rentan.

BACA JUGA:

Beasiswa ini adalah program gabungan dari berbagai lembaga pendidikan yang berada di Jerman. Adapun Indonesia menjadi salah satu negara yang langganan bekerja sama dengan DAAD.

Jenis beasiswa DAAD untuk S2-S3 yang masih buka

1. Beasiswa di Bidang STEM

DAAD menyediakan beasiswa khusus bagi mahasiswa yang ingin mengambil program studi di bidang science, technology, engineering, art, and mathematics (STEM).

Durasi pembiayaan DAAD di bidang STEM berlaku selama 10-24 bulan. Komponen pembiayaannya mencakup biaya pendidikan, biaya hidup bulanan, asuransi, biaya perjalanan, dan biaya kursus bahasa. Batas pendaftaran beasiswa STEM untuk tahun ini paling lambat 21 Oktober 2024.

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi pelamar beasiswa DAAD bidang STEM:

  • Tidak tinggal di Jerman lebih dari 15 bulan
  • Lulusan sarjana (tidak lebih dari 6 tahun)
  • Memenuhi syarat daftar program pascasarjana di kampus tujuan
  • Memiliki kualitas akademis di atas rata-rata
  • Memiliki IPK minimal 3,2
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris atau Jerman. Bagi yang memilih bahasa Jerman harus mempunyai sertifikat estDaF, DSH, Deutsches Sprachdiplom der Kultusministerkonferenz (DSD), Goethe-Zertifikat, Österreichisches Sprachdiplom, telc Deutsch atau onSET Deutsch.
  • Bagi yang memiliki bahasa Inggris harus mempunyai sertifikat Cambridge English, Cambridge Business, IELTS, ISE, TOEFL iBT, TOEFL Essentials, TOEIC, PTE Academic dan onSET English. Skor IBT TOEFL minimal 80 atau IELTS minimal 6,0

2. Beasiswa di bidang seni

DAAD juga menyediakan beasiswa khusus bagi mahasiswa yang tertarik di bidang seni. Pilihan seni yang didanai oleh DAAD yakni arsitektur, musik, seni visual, dan seni pertunjukkan.

Beasiswa ini memiliki cakupan biaya pendidikan berupa uang biaya hidup bulanan, asuransi, dan biaya perjalanan. Bantuan dana diberikan hanya berlaku selama 1-2 tahun.

Pembukaan pendaftaran beasiswa dijadwalkan pada Juni-Oktober 2024. Masing-masing jenis program studi mempunyai syarat berbeda dan bisa dicek DI SINI.

3. Beasiswa di bidang musik

Berbeda dengan beasiswa bidang seni, program beasiswa dari DAAD ini berlaku bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan S2 di universitas khusus seni. Pendanaan berlaku selama maksimal 2 tahun.

Penerima nantinya memperoleh dana pendidikan, tunjangan bulanan, dan asuransi kesehatan. Periode pengajuan beasiswa berlaku pada Juni-Oktober 2024.

4. Beasiswa unggulan Aceh

Khusus untuk program beasiswa DAAD jenis ini, maka sudah jelas diperuntukkan bagi mahasiswa asal Aceh. Beasiswa untuk jenjang S2-S3 ini sangat terbuka untuk putra putri asal Aceh.

Adapun cakupan pembiayaan dari beasiswa ini yakni biaya pendidikan, biaya les bahasa, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, biaya perjalanan, biaya buku per tahun, dan biaya penelitian sebanyak satu kali.

5. Hibah penelitian doktor

Selanjutnya, ada beasiswa oleh DAAD yang ditawarkan bagi program doktoral. Bantuan ini bersifat hibah penelitian.

Syarat mendaftar beasiswa ini harus menyelesaikan pendidikan S2 terlebih dahulu. Pendanaan berlaku bagi penelitian baik di universitas maupun di luar universitas atau lembaga lain.

Selain mendapatkan dana riset, penerima beasiswa akan mendapatkan biaya pendidikan, biaya hidup bulanan, biaya perjalanan, dan biaya kursus bahasa.

Masa berlaku beasiswa pun terhitung cukup lama yakni maksimal 4 tahun. Kamu bisa cari tahu informasi program ini lebih jauh DI SINI.

Demikianlah informasi mengenai beasiswa DAAD 2024 jenjang S2-23 bagi kamu yang ingin sekali kuliah ke Jerman. Yuk, siapkan semua syaratnya mulai sekarang!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*