Ini Penting! Kamu Wajib Tahu 9 Hal yang Harus Dihindari Mahasiswa Baru

Mahasiswa Baru
Mahasiswa Baru (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menjadi mahasiswa baru adalah babak baru dalam perjalanan akademik. Dan inilah 9 hal yang wajib dihindari mahasiswa baru!

Dinamika kehidupan mahasiswa tentu sangat berbeda dengan kala masih duduk di bangku SMA/SMK.

Nah, memulai kehidupan sebagai mahasiswa merupakan fase yang menarik, namun ada beberapa hal yang perlu dihindari agar pengalaman kuliah berjalan lancar dan produktif.

BACA JUGA:

Nah, berikut 9 hal yang harus dihindari oleh mahasiswa baru:

Menunda-nunda tugas

Ini merupakan kebiasan buruk yang mesti cepat dihindari. Menunda tugas hanya akan menumpuk beban di kemudian hari.

Maka, mulailah membiasakan diri menyelesaikan tugas lebih awal agar tidak kewalahan.

Kurang beradaptasi dengan sistem kuliah

Sistem perkuliahan berbeda dari sekolah. Mahasiswa baru harus segera menyesuaikan diri dengan cara belajar yang lebih mandiri dan terencana.

Tidak aktif di kegiatan kampus

Terlibat dalam organisasi atau kegiatan kampus penting untuk memperluas jaringan pertemanan dan mengasah soft skills yang berguna di masa depan.

Mengabaikan manajemen waktu

Manajemen waktu merupakan kunci keberhasilan perkuliahan. Mahasiswa baru sering kesulitan membagi waktu antara kuliah, organisasi, dan hiburan. Maka, buat jadwal yang teratur.

Terlalu banyak ambil mata kuliah

Ambil mata kuliah sesuai kemampuan, dan jangan memaksakan diri mengambil terlalu banyak mata kuliah yang bisa membuat stres.

Tak memanfaatkan sumber daya kampus

Kampus menyediakan banyak fasilitas, seperti perpustakaan, pusat karier, atau konseling. Manfaatkan layanan ini untuk mendukung kesuksesan akademik.

Takut bertanya

Jangan takut bertanya kepada dosen, senior, atau teman. Bertanya adalah langkah penting untuk memahami materi dan menyelesaikan masalah.

Mengabaikan kesehatan

Jangan lupakan kesehatan fisik dan mental. Tidur yang cukup, makan sehat, dan berolahraga penting untuk menjaga kebugaran selama masa kuliah.

Terlalu banyak nongkrong

Meskipun penting untuk bersosialisasi, terlalu banyak nongkrong bisa mengganggu fokus belajar. Jaga keseimbangan antara bersenang-senang dan belajar.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*