Lebih Baik Pakai SKD 2023 atau Ikut SKD 2024? 5 Hal Ini Bisa Dipertimbangkan Jika Ingin Lolos CPNS

Ilustrasi: Seleksi CPNS 2019 (Ist.)
Ilustrasi: Seleksi CPNS 2019 (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA KalderaNews.com – Kamu sudah lolos seleksi administrasi CPNS 2024? Kira-kira, lebih baik pakai hasil SKD 2023 atau ikut SKD 2024 agar lolos CPNS? Yuk, simak hal ini!

Setelah lolos administrasi pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, peserta harus mengikuti ujian selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kalau pada tahun 2023 lalu kamu mengikuti SKD dan memiliki nilai dengan ambang batas yang disyaratkan, maka kamu diberi pilihan untuk tidak mengikuti SKD 2024.

BACA JUGA:

Pertanyaan yang sering membuat galau peserta adalah, lebih baik pakai hasil SKD 2023 atau ikut SKD 2024?

Sebelum kamu memutuskan untuk tes SKD lagi di tahun ini atau menggunakan nilai SKD tahun lalu,  coba cek informasi ini sebagai pertimbangannya.

Syarat menggunakan SKD tahun 2023

  1. Pastikan melamar pada jenjang pendidikan yang sama saat melamar seleksi CPNS di tahun sebelumnya. Misalnya di tahun lalu melamar formasi jenjang S1 maka di tahun ini juga melamar jenjang pendidikan yang sama.
  2. Jabatan dan instansi yang dilamar tidak harus sama dengan pendaftaran CPNS di tahun sebelumnya. Contohnya di tahun lalu melamar sebagai pengelola pelayanan publik di Kominfo, di tahun ini melamar sebagai pranata humas di BKN asal tingkat pendidikan sama dan memenuhi syarat instansi.
  3. Pastikan SKD tahun lalu memenuhi syarat ambang batas atau passing grade.
  4. Pelamar yang memilih untuk menggunakan nilai SKD tahun anggaran 2023 tidak dapat mengikuti SKD di tahun 2024.
  5. Tidak perlu ikut ujian SKD di tahun ini jika kamu merasa nilai SKD di tahun 2023 sudah tinggi dan dapat bersaing dengan pelamar lain.

5 hal pertimbangan pilih SKD 2023 atau ujian SKD 2024

  • Kamu merasa bahwa nilaimu masih kurang atau di bawah 400 dan ingin dapatkan nila yang maksimal
  • Lebih yakin dengan kemampuan yang sekarang untuk bisa mendapatkan nilai SKD lebih besar dari yang didapatkan di tahun 2023.
  • Merasa persiapan jauh lebih matang tahun ini daripada tahun lalu sehingga meyakini bisa mendapat skor lebih bagus
  • Pada beberapa instansi ditampilkan mengenai jumlah pelamar, jika kamu merasa bahwa formasi yang kamu lamar pesaingnya sedikit, dan kamu punya skor di atas 400, kamu bisa untuk tidak ikut SKD 2024.
  • Memiliki persiapan yang kurang dibandingkan dengan tahun lalu, maka kamu bisa gunakan skor SKD 2023, dengan catatan bahwa skor tahun lalu ada di angka mencapai 400 atau bahkan lebih.

Bagaimana, apakah pertimbangan lebih baik pakai hasil SKD 2023 atau ikut SKD 2024 agar lolos CPNS ini bisa sedikit membantumu?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*