BMKG: Awal Musim Hujan Tidak Bersamaan, Berikut Prediksinya!

bermain hujan, manfaat hujan, manfaat hujan untuk anak
Bermain air hujan memberikan kesempatan pada anak untuk belajar hal baru dan makin kreatif. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – BMKG prediksi, awal musim hujan di sejumlah wilayah Indonesia bervariasi alias tidak terjadi secara bersamaan. Nah, inilah prediksi BMKG terkait awal musim hujan!

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyatakan, awal musim hujan sebenarnya telah terjadi di sebagian kecil wilayah di Agustus 2024.

Tetapi, sebagian besar wilayah baru akan memasuki awal musim hujan pada September, Oktober, dan November 2024.

BACA JUGA:

Awal musim hujan tak bersamaan

“Bervariasinya pola curah hujan di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi bersamaan,” ujar Dwikorita dalam konferensi pers, Kamis, 19 September 2024.

Dwikorita menerangkan, dari 699 zona musim (ZOM) yang ada di Indonesia, sebanyak 75 ZOM atau sekitar 10,7 persen wilayah bakal memasuki awal musim hujan di September 2024.

Sedangkan, 210 ZOM atau sekitar 30,04 persen wilayah bakal mengalami awal musim hujan pada Oktober 2024.

Lantas, awal musim hujan bakal terjadi di 181 ZOM atau sekitar 25,9 persen wilayah di November 2024.

“Juga ada 131 ZOM atau 16,2 persen wilayah lain memiliki pola musim hujan yang berlangsung sepanjang tahun atau hanya mengalami satu musim,” papar Dwikorita.

Nah, berikut ini rinciannya:

  • Wilayah yang masuk awal musim hujan pada September 2024: Pesisir timur laut Sumatera Utara, Riau bagian selatan, Jambi, sebagian Bengkulu, Sumatera Selatan bagian barat, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Timur, dan sebagian Papua.
  • Wilayah yang masuk awal musim hujan pada Oktober 2024: Sebagian besar Sumatera Selatan, sebagian besar Jawa, sebagian besar Kalimantan, pesisir barat Sulawesi Selatan, pesisir utara Sulawesi Utara, Maluku Utara, sebagian kecil Maluku, dan Papua Barat.
  • Wilayah yang masuk awal musim hujan pada November 2024: Lampung bagian selatan, Jawa bagian timur, sebagian besar Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Merauke bagian selatan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*