7 Jurusan Kuliah di Dunia yang Unik Tapi Lulusannya Punya Gaji Tinggi, Apa Itu?

Wisuda
Wisuda (Foto: Freepik)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com Tahukah kamu ada7 jurusan kuliah paling unik di dunia tapi lulusannya punya gaji tinggi. Kira-kira, jurusan apa itu?

Tidak semua jurusan kuliah dengan gaji yang tinggi itu berasal dari  bidang-bidang yang biasa dikenal seperti hukum, kedokteran atau IPA.

Nyatanya, di beberapa negara ada lho jurusan yang unik, bahkan tidak ada di Indonesia dengan gaji yang tinggi. Jadi penasaran dengan jurusan apa itu? Yuk, coba cek!

BACA JUGA:

1. Vitikultur dan Oenologi (Plumpton College, Inggris)

Vitikultur dan Oenologi adalah jurusan yang mengajarkan ilmu menanam dan membuat anggur. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang segala hal yang terkait dengan produksi anggur.

Karier yang tersedia untuk lulusan jurusan ini sangat luas, terutama di industri anggur yang berkembang pesat, terutama di negara-negara dengan budaya wine yang kuat seperti Prancis, Italia, dan Amerika Serikat.

Selain itu, lulusan bisa bekerja sebagai sommelier, ahli wine, hingga memulai bisnis kebun anggur mereka sendiri.

2. Horologi (Birmingham City University, Inggris)

Jurusan Horologi mengajarkan seni dan ilmu mengukur serta memberitahukan waktu. Jurusan ini tidak ada di Indonesia, lho!

Di sini, mahasiswa mempelajari seluk-beluk pembuatan jam tangan, termasuk komponen-komponen mekanik dan elektronik di dalamnya.

Meski terdengar kuno, industri jam tangan mewah tetap menjadi pasar yang sangat bernilai. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan jam tangan premium, atau bahkan menjadi pengrajin independen dengan bayaran tinggi berkat keahlian khusus mereka.

3. Transportasi Udara dengan Pelatihan Pilot Helikopter (New University Buckinghamshire)

Jurusan Transportasi Udara dengan Pelatihan Pilot Helikopter mengombinasikan ilmu penerbangan dengan pelatihan pilot helikopter.

Selain belajar tentang penerbangan, mahasiswa juga diajari aspek manajemen dan keuangan terkait industri penerbangan. Lulusan jurusan ini memiliki gaji tinggi yang menarik.

4. Peretasan (Universitas Negeri Dakota, AS)

Jurusan Peretasan atau yang sering disebut “Ethical Hacking” dirancang untuk melatih profesional teknologi informasi untuk mendeteksi, mencegah, dan melindungi sistem komputer dari serangan cyber.

Meski terdengar seperti profesi yang ilegal, justru sebaliknya, para lulusan jurusan ini memiliki peran yang sangat penting dalam keamanan siber. Lulusan jurusan ini punya gaji yang bisa mencapai angka fantastis.

5. Pemetaan Digital (University of Kentucky, AS)

Jurusan Pemetaan Digital menggabungkan teknologi geografi dengan komputasi dan teknik. Lulusan jurusan ini mempelajari cara memetakan wilayah secara digital, menggunakan berbagai perangkat lunak canggih untuk menciptakan peta interaktif.

6. Tinjauan Masa Depan (University of Houston, AS)

Jurusan aneh di dunia bergaji tinggi ini juga tidak ada lho di Indonesia! Jurusan ini mengajarkanmu untuk menjadi seorang futuris atau ahli tinjauan masa depan.

Di jurusan ini mengajarkan mahasiswa untuk menganalisis tren dan perubahan ilmiah serta sistematis yang mungkin terjadi di masa depan.

Lulusan dari jurusan ini bekerja sebagai konsultan strategis di berbagai bidang, dengan bayaran tinggi karena kemampuannya memprediksi arah perkembangan industri.

7. Eko Gastronomi (University of New Hampshire, AS)

Jurusan Eko Gastronomi fokus pada hubungan antara makanan dan lingkungan, dengan penekanan pada keberlanjutan. Di sini, mahasiswa mempelajari bagaimana produksi makanan dapat dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Lulusan jurusan ini banyak yang bekerja di berbagai industri, mulai dari restoran hingga perkebunan berkelanjutan, dengan potensi gaji yang tinggi terutama jika memulai bisnis di sektor makanan organik.

Bagaimana, apa kamu jadi tertarik untuk mencoba masuk di salah satu jurusan kuliah paling unik di dunia tapi lulusannya punya gaji tinggi ini?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*