Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Salatiga? Ternyata Segini Rinciannya!

Transfer Uang
Transfer Uang (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

SALATIGA, KalderaNews.com – Berapa biaya hidup mahasiswa di Salatiga? Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini menawarkan biaya hidup sangat terjangkau, intip rinciannya di sini!

Salatiga, kota kecil yang terletak di Jawa Tengah, terkenal sebagai wilayah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.

Banyak mahasiswa dari berbagai daerah datang ke Salatiga untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi seperti Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), UIN Salatiga dan STIE AMA.

BACA JUGA:

Bagi kamu yang berencana kuliah di Salatiga, memahami biaya hidup di kota ini sangat penting agar bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Berikut adalah gambaran lengkap mengenai biaya hidup mahasiswa di Salatiga.

Biaya tempat tinggal

Di Salatiga, kamu dapat memilih antara ngekos, menyewa rumah, atau tinggal di asrama kampus.  UKSW misalnya, menyediakan asrama untuk mahasiswanya.

Kalau kamu memilih untuk kost standar, maka bisa siapkan anggaran Rp500.000 – Rp1.000.000 tergantung fasilitas seperti kamar mandi dalam, AC, atau tanpa AC.

Sementara untuk kost eksklusif ada di kisaran Rp1.000.000 – Rp1.500.000, biasanya sudah termasuk fasilitas lengkap seperti Wi-Fi, AC, dan listrik.

Nah, untuk asrama kampus di UKSW bisa lebih terjangkau, sekitar Rp300.000 – Rp600.000 per bulan, tergantung pada jenis kamar yang dipilih.

Biaya makan

Biaya makan di Salatiga relatif terjangkau. Banyak warung makan dan kantin kampus yang menawarkan menu dengan harga mahasiswa.

Untuk biaya makan di Salatiga sendiri ada di kisaran  Rp7.000 – Rp15.000 tergantung pada lauk yang kamu makan.

Biaya transportasi

Salatiga adalah kota kecil yang cukup mudah dijelajahi. Banyak mahasiswa menggunakan sepeda motor atau sepeda untuk mobilitas. Biaya transportasi umum juga terjangkau, meskipun tidak sebanyak di kota besar.

Untuk naik angkutan kota, kamu bisa anggarkan Rp4.000 – Rp6.000 sekali jalan. Jika kamu memiliki sepeda motor, biaya bahan bakar sekitar Rp100.000 – Rp200.000 per bulan, tergantung pemakaian.

Biaya kebutuhan sehari-hari

Selain makan dan tempat tinggal, ada kebutuhan harian lain seperti pulsa, paket data, dan kebutuhan pribadi.  Untuk  pulsa dan paket data, kamu bisa anggarkan Rp50.000 – Rp150.000 per bulan.

Sementara untuk kebutuhan pribadi seperti sabun mandi, sabun cuci, dan sebagainya, kamu bisa anggarkan Rp100.000 – Rp300.000 per bulan (tergantung gaya hidup).

Biaya hiburan

Sebagai mahasiswa, kamu mungkin juga ingin menikmati hiburan dan berkumpul bersama teman-teman. Biaya untuk ini bervariasi tergantung hiburannya.

Salatiga menawarkan wisata alam seperti Rawa Pening dan Kopeng, yang bisa menjadi pilihan murah meriah untuk bersantai. Setidaknya kamu perlu anggarkan Rp 100.000-Rp300.000 untuk hiburan.

Salatiga adalah pilihan yang sangat baik bagi mahasiswa yang mencari biaya hidup terjangkau. Biaya hidup mahasiswa di Salatiga yang murah harus diimbangi dengan perencanaan anggaran yang bijak agar pengeluaran tetap terkontrol selama masa kuliah.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*