Peluang Emas! Pendaftaran Beasiswa S2 Chevening-Kominfo 2024 Dibuka, Bisa Kuliah Gratis dan Dapat Tunjangan

Pendaftaran beasiswa chevening buka Senin, 5 Agustus 2019
Pendaftaran beasiswa chevening buka Senin, 5 Agustus 2019 (KalderaNews/Chevening)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) membuka pendaftaran beasiswa S2 di Inggris lewat program Chevening-Kominfo.

Pendaftaran program beasiswa S2 ini dibuka sampai 5 November 2024.

Beasiswa ini merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Inggris yang ditujukan masyarakat yang bekerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Penerima beasiswa ini wajib pulang kembali ke Indonesia sesudah masa studi selesai dan wajib berkontribusi kepada negara.

BACA JUGA:

Cakupan beasiswa

  • Dana pendidikan
  • Biaya hidup bulanan
  • Arrival allowance
  • Events and engagement travel allowance
  • Homework departure allowance
  • Tiket pesawat PP
  • Biaya Visa
  • Biaya Asuransi

Persyaratan Beasiswa Chevening-Kominfo 2024

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Diutamakan berusia dibawah 40 Tahun
  3. Berkomitmen kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan
  4. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun, yang dapat berupa pekerjaan full-time, part-time, magang, atau kerja sukarela. Pengalaman ini harus dibuktikan dengan SK CPNS/PNS atau dokumen resmi lainnya bagi PNS/TNI/POLRI, serta surat keterangan kerja bagi pelamar umum.
  5. Lulusan S1/DIV
  6. Belum memiliki gelar Magister/S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan Magister/S2
  7. Memenuhi persyaratan akademik serta bahasa inggris seperti IELTS, TOEFL IBT, dan Pearson PTE Academic. Syarat kemampuan bahasa asing, perlu disesuaikan dengan persyaratan dari perguruan tinggi.
  8. Peserta mendaftar ketiga program studi yang berbeda pada satu perguruan tinggi, atau mendaftar ketiga program studi serupa di 3 perguruan tinggi berbeda. Peserta hanya diperbolehkan mendaftar pada program studi yang terkait dengan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
  9. Tidak pernah melakukan studi dengan menerima dana dari Pemerintah Inggris.
  10. Diutamakan bagi yang sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA) dari Perguruan Tinggi di Inggris.
  11. Menyusun esai mengenai rencana studi dan kaitannya dengan bidang pekerjaan atau pengalaman profesional yang relevan dengan pengembangan transformasi digital nasional (500 kata).
  12. Menyusun esai yang berisi mengenai career plan dan rencana kontribusi pasca studi khususnya kontribusi bagi pengembangan transformasi digital nasional (500 kata).
  13. Menyertakan minimal 2 surat rekomendasi dalam bahasa inggris dari pimpinan/dosen pembimbing/atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas.
  14. Mendapatkan surat izin pimpinan yang berwenang dari tempat bekerja untuk menjalani pendidikan.

Bagi pendaftar lulusan luar negeri

Nah, bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, melampirkan:

  • Hasil penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/.
  • Hasil konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/
  • Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK-nya belum terbit.

Cara daftar beasiswa Chevening-Kominfo

Pendaftaran program beasiswa ini bisa dilakukan secara paralel lewat : https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/ dan laman https://beasiswa.kominfo.go.id/.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*