Tahukah Kamu? 8 Konglomerat Ini Ternyata Pemilik Kampus Swasta Ternama di Indonesia, Lho!

Kampus Bina Nusantara (Binus) University Bekasi
Kampus Bina Nusantara (Binus) University Bekasi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Siapa yang menyangka bahwa kampus perguruan tinggi ternama ternyata dimiliki oleh beberapa konglomerat Indonesia?

Beberapa kampus-kampus di Indonesia ini bahkan menggunakan kurikulum dan memiliki bidangnya sendiri sehingga membedakannya dengan kampus swasta lainnya.

Ada yang fokus mempelajari bisnis, ada yang berfokus pada leadership, ada yang spesifik pariwisata, dan sebagainya.

BACA JUGA:

Inilah 8 konglomerat yang ternyata pemilik kampus swasta ternama di Indonesia yang perlu kamu ketahui!

1. Joseph Wibowo Hadipoespito dan Theresia Widia Soerjaningsih

Joseph Wibowo Hadipoespito dan Theresia Widia Soerjaningsih adalah pendiri dari Universitas Bina Nusantara (BINUS). Sebelum dikenal dengan nama BINUS, kampus ini adalah sebuah institusi pelatihan komputer.

Nah, yang membuat sejarah BINUS menarik adalah, Joseph tidak memiliki pengalaman dalam menangani lembaga pendidikan tinggi.

Dibantu oleh para profesional dan kerabatnya, akhirnya ia mampu mengembangkan BINUS sampai seterkenal ini.

2. Aburizal Bakrie 

Aburizal Bakrie pernah menjadi salah orang terkaya di Indonesia. Tidak heran karena keluarga mengelola banyak sekali bisnis, termasuk perguruan tinggi.

Keluarga Bakrie mendiri Universitas Bakrie. Kampus ini didirikan oleh Aburizal Bakrie pada 2009 dan adiknya Nirwan Dermawan Bakrie, Sebelum menjadi universitas, kampus ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Pada tahun 2020, Universitas Bakrie pernah menempati daftar 50 universitas terbaik, dan berada di urutan 20 besar.

3. Putera Sampoerna

Terkenal sebagai perusahaan rokok, Putera Sampoerna adalah tokoh di balik hadirnya Sampoerna University. Kampus ini adalah gabungan dari Sampoerna School of Education (SSE) dan Sampoerna School of Business (SSB).

Sampoerna University berdiri pada 2013 dan berada di bawah managemen Putera Sampoerna Foundation (PSF).

Pada 2013, Sampoerna University melebur dan mendirikan Fakultas Pendidikan dan Fakultas Bisnis di bawah naungan Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) dengan tambahan dua fakultas yaitu Fakultas Sains & Teknologi dan Fakultas Seni, Desain & Media, serta pusat bahasa Institut Bahasa dan Komunikasi.

4. Sukamdani Sahid Gito Sardjono dan Keluarga

Politeknik Sahid adalah perguruan tinggi vokasi di bawah Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya yang berfokus pada tinggi vokasi pariwisata.

Diketahui bahwa Politeknik Sahid ternyata milik pengusaha ternama Sukamdani Sahid Gitosardjono. Politeknik Sahid sendiri ada di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Berdiri sejak 1983, Politeknik Sahid merupakan perguruan tinggi vokasi yang fokus di bidang pariwisata dan bisnis untuk pelayanan dan bisnis hotel dan restoran.

5. Mochtar Riady 

Mochtar Riady adalah konglomerat yang ternyata pemilik kampus swasta ternama di Indonesia. Ia merupakan pemilik dari Grup Lippo dan menjadi salah satu founder Universitas Pelita Harapan atau UPH.

Lippo Group mengelola sektor pendidikan melalui Yayasan Pelita Harapan yang terdiri dari 45 sekolah K-12 dan 3 universitas UPH yang berada di 3 wilayah: Kampus Utama Lippo Village, Kampus Surabaya, dan Kampus Medan. 

Bahkan, lembaga pendidikannya sudah bekerjasama dengan Universitas Teknologi Queensland, Universitas Nasional Singapura, Universitas Xiamen Cina, perusahaan multinasional utama seperti Microsoft, Intel sampai Toshiba 

6. Ibrahim Risjad

Ibrahim Risjad adalah seorang konglomerat Indonesia yang mendirikan Universitas Jabal Ghafur, Aceh. Namanya bahkan sempat masuk di daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan bisnis yang menggurita.

Ia bahkan memiliki 60 anak perusahaan yang bergerak di berbagai sektor mulai keuangan, properti, sampai industri pulp dan kertas.

Pada tahun 1982, dinaungi oleh Yayasan Kampus Jabal Ghafur, ia membangun Universitas Jabal Ghafur yang terletak di Jalan Gle Gapui Aceh.

7. Ciputra Raja

Ciputra, adalah pendiri PT Ciputra Development. Namanya a sempat masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Ciputra mendirikan Universitas Ciputra yang berada di Surabaya dengan konsentrasi studi mencetak entrepreneur. Lulusan kampusnya diharapkan bisa menjadi pengusaha, sama seperti foundernya.

Selain memiliki kampus, Ciputra Development juga merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia dengan total proyek di puluhan kota.

8. Soetjipto Nagaria

Konglomerat pemilik kampus swasta ternama di Indonesia selanjutnya adalah Soetjipto Nagaria. Ia adalah chairman dari Summarecon Agung.

Namanya sempat masuk ke dalam jajaran 50 orang terkaya di Indonesia. Ia adalah sosok di balik Universitas Pradita yang berdiri pada 2017 di Tangerang Selatan.

Universitas Pradita adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia yang dibangun di atas konsep Enterprise University.

Sebagai sebuah perguruan tinggi yang didirikan oleh Grup Summarecon dan mitra bisnisnya, Universitas Pradita fokus pada bidang perencanaan, perancangan, pembangunan, penerapan, dan pengembangan kota modern.

Nah, itulah 8 konglomerat yang ternyata pemilik kampus swasta ternama di Indonesia. Apakah kamu mengetahui salah satu nama konglomerat di atas?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*