Edufair Plus Parenting SMA Tarakanita Magelang, Sinergi Sekolah-Keluarga Persiapkan Studi Lanjut Peserta Didik

Edufair di SMA Tarakanita dengan tema “Your Gateway for Brighter Future” pada Jumat, 6 September 2024
Edufair di SMA Tarakanita dengan tema “Your Gateway for Brighter Future” pada Jumat, 6 September 2024 (KalderaNews/ CME Kristanti)
Sharing for Empowerment

MAGELANG, KalderaNews.com – Memilih perguruan tinggi maupun program studi bukanlah hal yang sepele seperti memilih baju. Banyak pertimbangan mesti dibuat agar pilihan yang dijatuhkan betul-betul bisa sesuai dengan passion anak dan peluang karirnya seperti yang diharapkan.

SMA Tarakanita memberikan layanan bimbingan karier melalui program bimbingan dan konseling di kelas dan sebagai penunjang materinya adalah pengenalan dunia kampus, salah satunya dengan mengundang berbagai perguruan tinggi untuk ber-expo melalui stand pameran dan presentasi langsung di kelas.

Pada tahun ini Edufair di SMA Tarakanita digelar kembali dan merupakan yang ke-8 kalinya. Tema yang diusung adalah “Your Gateway for Brighter Future”.

BACA JUGA:

Ada 22 lembaga pendidikan yang berpartisipasi dalam ajang ini, baik dari negeri maupun swasta. Kegiatan yang dibuka untuk umum ini dilaksanakan pada Jumat, 6 September 2024.

Pameran ini mengundang semua SMA dan SMK di Kota Magelang dan para orang tua siswa dengan harapan agar ajang ini sungguh bisa memberi wadah bagi para siswa maupun orang tua siswa untuk mencari berbagai informasi terkait perguruan tinggi mulai dari program studi, fasilitas, biaya pendidikan, peluang beasiswa, prospek karir dan juga jalur pendaftaran.

Dalam kegiatan Edufair ini para siswa SMA Tarakanita Magelang diarahkan untuk mengikuti sesi presentasi dari beberapa perguruan tinggi secara klasikal dan juga mengunjungi berbagai stand untuk berkonsultasi langsung dengan pihak kampus.

Para siswa mendapat lembar kerja untuk membuat laporan dari kunjungan mereka ke stand-stand perguruan tinggi dan juga atas presentasi yang diikuti.

Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak memiliki gambaran mengenai program studi yang sesuai dengan passion mereka, serta lebih bijak memilih kampus mana yang paling cocok untuk mereka pilih.

Edufair di SMA Tarakanita dengan tema “Your Gateway for Brighter Future” pada Jumat, 6 September 2024
Edufair di SMA Tarakanita dengan tema “Your Gateway for Brighter Future” pada Jumat, 6 September 2024 (KalderaNews/ CME Kristanti)

Berbarengan dengan acara Edufair ini, diundang pula para orangtua siswa kelas XII untuk menghadiri kegiatan parenting, dengan narasumber dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, yaitu Dr. Enjang Wahyuningrum, M.Si. yang adalah juga seorang Psikolog.

Tema yang diusung dalam parenting ini adalah “Strategi Pendampingan Orang Tua Generasi Z dalam Pemilihan Karir Lanjutan.

Melalui kegiatan ini diharapkan para orang tua menjadi lebih bijak dalam mendampingi anak-anak, terlebih dalam studi lanjut mereka, agar mampu mengantar anak-anak menentukan pilihan mereka setelah lulus dari bangku SMA dan meraih kesuksesan.

Latar belakang diusungnya program parenting ini adalah seringnya terjadi seorang siswa salah mengambil pilihan program studi, maupun dalam memilih perguruan tinggi, sehingga hasil studi tidak optimal, ataupun bingung tentang keputusan studi lanjut atau bekerja karena terkendala masalah finansial.

Diharapkan, sinergi antara pihak sekolah dan keluarga dalam mendampingi para siswa  ini menjadi langkah yang efektif untuk mengantar mereka ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan passion, dan juga peluang karir yang baik selepas dari studi mereka di SMA . Success must be well planned, begitu kira-kira kuncinya. (Penulis: CME Kristanti, Guru SMA Tarakanita Magelang)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*