Biaya Hidup Mahasiswa di Bekasi, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Dana pendidikan, biaya sekolah, uang SPP, rencana dana pendidikan
biaya pendidikan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

BEKASI, KalderaNews.com –  Berapa biaya hidup dan ngekos mahasiswa di Bekasi yang harus dipersiapkan ya? Kalau kamu berencana kuliah di Bekasi, yuk coba cek anggaran yang harus disiapkan!

Bekasi, sebagai salah satu kota penyangga Jakarta, menawarkan banyak pilihan perguruan tinggi mulai Universitas Esa Unggul (UEU), Universitas Nusa Mandiri dan sebagainya.

Selain itu, lokasinya yang dekat dengan ibu kota juga membuat kota ini kerap jadi pilihan tinggal. Nah, karena lokasinya dekat dengan Jakarta, maka turut mempengaruhi gaya hidup serta kebutuhan sehari-hari mahasiswa di Bekasi.

BACA JUGA:

Sebagai mahasiswa, memahami dan memperkirakan biaya hidup di Bekasi sangat penting agar kamu dapat merencanakan anggaran dengan baik.

Yuk cek biaya hidup mahasiswa di Bekasi, dan apa saja komponen utama yang perlu diperhitungkan.

Biaya tempat tinggal

Biaya tempat tinggal merupakan salah satu pengeluaran terbesar bagi mahasiswa. Bekasi menawarkan beberapa pilihan tempat tinggal mulai dari kos-kosan, apartemen, sampai rumah kontrakan.

Rata-rata harga kos di Bekasi berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 1.500.000 per bulan, tergantung pada lokasi dan fasilitasnya.

Jika kamu memilih apartemen, biaya sewanya bisa lebih tinggi, berkisar antara Rp 2.500.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan untuk unit studio atau apartemen dengan 1 kamar tidur.

Biaya makan dan minum

Untuk kebutuhan makan sehari-hari, mahasiswa bisa menemukan banyak warung makan dengan harga yang cukup terjangkau di sekitar kampus.

Rata-rata harga satu porsi makanan di warung makan sederhana berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Jika kamu memasak sendiri, tentu biaya bisa lebih hemat, dengan estimasi pengeluaran bulanan untuk bahan makanan sekitar Rp 600.000 hingga Rp 1.000.000.

Transportasi

Untungnya nih Bekasi memiliki akses transportasi yang cukup baik. Biaya hidup mahasiswa di Bekasi termasuk murah untuk angkot karena banyak angkutan umum, bus, dan layanan ojek online.

Jika kamu tinggal tidak terlalu jauh dari kampus, berjalan kaki bisa menjadi alternatif hemat. Untuk mahasiswa yang menggunakan transportasi umum, pengeluaran bulanan bisa mencapai sekitar Rp 200.000 hingga Rp 500.000 tergantung frekuensi penggunaan dan jarak perjalanan.

Biaya kebutuhan lainnya

Selain biaya utama di atas, mahasiswa juga harus memperhitungkan pengeluaran untuk kebutuhan lain seperti biaya pulsa dan internet, buku, alat tulis, kuota dan keperluan kuliah lainnya.

Biaya internet bulanan bisa mencapai Rp 150.000, tergantung pada paket data yang digunakan. Untuk pengeluaran kuliah seperti buku dan alat tulis, anggaran bulanan sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000 sudah cukup memadai.

Hiburan dan rekreasi

Sebagai mahasiswa yang tinggal di Jabodetabek, kamu tentu membutuhkan waktu untuk bersantai dan beristirahat dari aktivitas akademik dan mencari hiburan.

Bekasi menawarkan beragam pusat perbelanjaan, kafe, dan tempat hiburan dengan harga yang variatif. Biaya untuk hiburan dan rekreasi bervariasi tergantung gaya hidup, namun rata-rata pengeluaran untuk hiburan berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000 per bulan.

Biaya hidup mahasiswa di Bekasi bisa sangat bervariasi tergantung pada gaya hidup dan pilihan tempat tinggal. Estimasi biaya hidup di Bekasi jika dihitung ada di kisaran Rp 2.000.000-an ke atas!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*