Biaya Hidup di Tangerang Selatan untuk Mahasiswa, Apakah Masih Terjangkau?

Ilustrasi: Tips mengatasi biaya kuliah yang mahal. (Ist.)
Ilustrasi: Tips mengatasi biaya kuliah yang mahal. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mau kuliah di kawasan Tangerang Selatan? Apakah biaya hidup di Tangerang Selatan untuk mahasiswa masih terjangkau? Coba cek sini!

Tangerang Selatan, yang berada di kawasan metropolitan Jakarta, merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan yang pesat.

Selain itu, kota ini juga menjadi pusat pendidikan yang menarik banyak mahasiswa. Beberapa kehadiran sejumlah universitas ternama, seperti Universitas Pamulang (Unpam) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta), Tangerang Selatan menjadi tujuan populer bagi para pelajar.

BACA JUGA:

Bagi mahasiswa yang berencana tinggal di kota ini, memahami biaya hidup, terutama biaya kos dan makan, adalah hal penting untuk diperhitungkan dalam merencanakan keuangan. Yuk, cek rincian biaya hidup di Tangerang Selatan!

Biaya tempat tinggal

Tempat tinggal adalah hal terpenting yang harus dipikirkan saat mulai merantau, terutama di kota besar seperti Tangerang Selatan.

Biaya sewa kos di daerah ini pun bervariasi tergantung lokasi. Di sekitar kampus-kampus besar seperti UIN Jakarta atau Unpam, harga sewa kamar kos berkisar antara Rp 800.000 sampai dengan Rp 2.000.000 per bulan.

Biaya makan

Makan sehari-hari juga menjadi bagian besar dari pengeluaran mahasiswa. Di Tangerang Selatan, banyak tersedia warung makan dan kantin di sekitar kampus yang menawarkan makanan dengan harga relatif terjangkau.

Rata-rata, harga satu porsi makanan di warung makan biasa berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

Kalau kamu lebih hemat, memasak sendiri bisa menjadi alternatifnya! Setidaknya, kamu bisa siapkan Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 per bulan untuk kebutuhan beras, sayur, lauk dan bumbu.

Biaya transportasi

Biaya hidup mahasiswa di Tangerang Selatan juga perlu memperkirakan transportasi, ya! Kalau kamu tinggal di dekat kampus, transportasi dapat diminimalisir dengan berjalan kaki.

Namun, kalau kosmu jauh, bisa naik angkot, KRL, bussway atau ojek online. Tenang saja, ada banyak kok alternatif transportasi yang bisa kamu pilih kalau kuliah di Tangerang Selatan!

Biaya lain-lain

Terakhir, kamu perlu pikirkan pengeluaran untuk kebutuhan lain seperti sabun, kuota, nugas, dan sebagainya. Umumnya sih bisa siapkan sekitar Rp 150.000 hingga Rp 400.000 per bulan.

Jangan lupa, anggarkan juga yntuk kebutuhan hiburan, seperti nongkrong di kafe, atau sekedar ke mall. Kamu bisa anggarkan Rp 150.000 sampai dengan Rp 500.000-an!

Biaya hidup di Tangerang Selatan untuk mahasiswa cukup bervariasi, namun dengan perencanaan yang baik, kamu dapat menyesuaikan pengeluaran sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*