Apa Itu Sinkhole yang Menelan Turis di Malaysia? Kenali Fenomena Alam yang Sedang Heboh Ini

Ilustrasi: Fenomena Sinkhole. (Ist.)
Ilustrasi: Fenomena Sinkhole. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apa itu sinkhole? Fenomena alam ini sedang heboh setelah kejadian yang menggegerkan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sinkhole sendiri adalah sebuah fenomena lubang menganga atau sinkhole. Dua lubang tiba-tiba muncul di area Jalan Masjid India yang terletak di jantung Ibu Kota Malaysia, Kuala Lumpur.

Lubang pertama muncul pada tanggal 23 Agustus. Lubang pertama memiliki kedalaman hingga 8 meter dan menelan seorang turis dari India berusia 48 tahun bernama Vijayalaksmi ketika mengunjungi Malaysia.

BACA JUGA:

Munculnya fenomena sinkhole ini pun menarik perhatian karena dampaknya yang bisa merusak infrastruktur dan mengancam keselamatan warga.\

Hingga saat ini, turis asal India itu belum kunjung ditemukan walau tim pencari sudah menyisir wilayah jalur pipa di bawah sinkhole sepanjang 7 km.

Setelah itu, lubang kedua kemudian muncul pada 28 Agustus 2024 pukul 02.30 dini hari waktu setempat. Sinkhole berada 50 meter dari lokasi pertama.

Apa itu sinkhole?

Sinkhole atau lubang runtuhan adalah area cekungan di dalam tanah yang tidak memiliki drainase permukaan eksternal yang alami.

Pada umumnya, saat hujan turun, air tetap berada di dalam lubang runtuhan dan mengalir ke bawah permukaan.

Luas sinkhole sendiri bervariasi, dari beberapa meter hingga ratusan hektar, dan dari kedalaman kurang dari 1 hingga lebih dari 100 kaki.

Beberapa lubang runtuhan berbentuk seperti mangkuk maupun piring dangkal, sementara yang lain memiliki dinding vertikal. Beberapa sinkhole ada yang menampung air dan membentuk kolam alami.

Secara umum, sinkhole dapat terjadi di daerah-daerah yang memiliki struktur geologi batu kapur di bawah tanah.

Di wilayah-wilayah ini, curah hujan yang tinggi akan membuat air meresap ke dalam tanah melalui retakan-retakan yang disebut sendi.

Bagaimana sinkhole terbentuk?

Sinkhole paling sering terjadi di daerah yang disebut sebagai “daerah karst”, yakni daerah dengan jenis batuan di bawah permukaan yang tanahnya secara alami dapat larut oleh air yang bersirkulasi melaluinya.

Ketika air dari curah hujan bergerak ke bawah melalui tanah, jenis-jenis batuan ini mulai larut. Jika tanah di atas tidak kuat, maka secara tiba-tiba dapat runtuh.

Biasanya, lubang runtuhan terbentuk dengan sangat lambat sehingga tidak banyak perubahan yang terlihat.

Namun, sinkhole juga dapat terbentuk secara tiba-tiba ketika runtuhan terjadi. Runtuhan seperti ini dapat memiliki efek dramatis jika terjadi di lingkungan perkotaan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*