Kabar Menarik! Sekarang Google Meet Hadirkan Fitur Baru, Bisa Buat Notula Rapat Otomatis dengan AI

Google Year in Search (Ist.)
Google Year in Search (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Google Meet hadirkan fitur baru untuk para penggunanya. Kini, kamu bisa buat notula rapat otomatis dengan kecerdasan intelektual atau AI.

Google Meet adalah platform video telekonferensi yang sering digunakan untuk rapat online.

Adapun fitur notulensi otomatis ini dinamakan dengan “Take notes for me”.

Fitur yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Gemini bikinan Google ini pertama kali diumumkan Agusuts tahun lalu.

BACA JUGA:

Setelah satu tahun, fitur ini pun akhirnya dirilis ke para pengguna. Sesuai dengan namanya, maka fitur AI “Take notes for me” ini bisa digunakan untuk membuat notula atau catatan pertemuan maupun rapat.

Fitur ini sejatinya hampir mirip dengan tools transkripsi di Google Meet. Hanya yang membedakan adalah fitur AI “Take notes for me” ini merangkum apa yang dibicarakan setiap orang, bukan mentranskripsikan apa yang dikatakan setiap peserta rapat.

“Take notes for me” baru tersedia di komputer atau laptop

Untuk saat ini, fitur terbaru dari Google Meet ini hanya tersedia di komputer atau laptop, dan rapat harus dilakukan dalam bahasa Inggris lisan.

Adanya fitur baru ini diharapkan dapat membuat rapat lebih produktif dan efisien.

Hadirnya fitur otomatis untuk melakukan pencatatan, maka kamu dan peserta rapat lainnya bisa lebih fokus pada diskusi dan kolaborasi.

Namun, belum diketahui seberapa akurat hasil notula yang dibuat oleh fitur “Take notes for me” di Google Meet ini.

Namun yang jelas, ketika diaktifkan, fitur “Take notes for me” secara otomatis akan mencatat di Google Doc.

Setelah rapat berakhir, maka penyelenggara rapat dan siapa pun yang mengaktifkan fitur “Take notes for me” akan menerima e-mail yang berisi tautan ke dokumen catatan rapat yang dibuat.

Dokumen catatan dari hasil rapat juga akan dilampirkan ke acara kalender, tempat peserta rapat internal dapat mengaksesnya.

Nah, kalau peserta terlambar ikut rapat, maka fitur “Take notes for me” akan memberi ringkasan tentang apa yang dibahas sebelumnya.

Di samping itu, jika peserta menggunakan tools rekaman dan transkrip Google Meet secara bersamaan, maka tautan ke file tersebut juga akan dimasukkan ke Google Doc yang sama dengan catatan rapat. Sangat menarik bukan?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*