Resmi! Jadwal Lengkap Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia, 3-6 September 2024

Paus Fransiskus. (KalderaNews.com/Ist.)
Paus Fransiskus. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada Selasa-Jumat, 3-6 September 2024. Berikut jadwal lengkapnya!

Dalam kunjungan apostolik ke Indonesia yang dipusatkan di Jakarta, Paus akan bertemu Presiden Jokowi dan para pemimpin gereja Katolik di Indonesia.

Paus pun dijadwalkan memimpin Misa Kudus bersama umat Katolik dari berbagai daerah di Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Madya, Jakarta.

Paus Fransiskus menjadi Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia setelah Paus Paulus VI dan Paus Yohanes Paulus II.

BACA JUGA:

Jadwal dan agenda kunjungan Paus Fransiskus

Nah, berikut rencana jadwal dan agenda kunjungan Paus Fransiskus:

Pada Senin, 2 September 2024, Paus bersama rombongan dijadwalkan berangkat dari Roma, Italia menuju Jakarta pada pukul 17.15 waktu setempat.

Dalam rombongan ini, terdapat 80 jurnalis, di mana 3 di antaranya berasal dari Indonesia.

Selasa, 3 September 2024

Pada Selasa, 3 September 2024, setelah menempuh perjalanan dari Roma, Paus dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 11.30 WIB.

Setibanya di Indonesia, Paus akan mendapat sambutan resmi secara kenegaraan, dan akan langsung menuju ke Kedutaan Besar Vatikan untuk Indonesia di Jalan Medan Merdeka Timur No.18 7, Gambir, Jakarta Pusat,

Rabu, 4 September 2024

  • Pukul 09.30 WIB: Paus Fransiskus disambut secara kenegaraan di pelataran Istana Merdeka, Jakarta.
  • Pukul 10.00 WIB: Paus melakukan kunjungan kehormatan kepada Jokowi di Istana Merdeka selama kurang lebih 1,5 jam.
  • Pukul 10.35 WIB: Paus dijadwalkan bertemu korps diplomatik yang berada di Indonesia dan beberapa tokoh sipil di ruang utama Istana Negara. Ia akan menuju Istana Negara dengan menaiki mobil golf lewat belakang Istana Merdeka.
  • Pukul 11.30 WIB: Paus akan bertemu anggota Serikat Yesus (SJ) Indonesia di Nunsiatur Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia.
  • Pukul 16.30 WIB: Paus bakal bertemu dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga Jakarta.
  • Pukul 17.35 WIB: Pertemuan Paus dengan orang muda Scholas Occurrentes di Gedung Graha Pemuda (Kompleks Katedral Jakarta).

Kamis, 5 September 2024

  • Pukul 07.00-10.00 WIB: Sterelisasi GBK
  • Pukul 09.00 WIB: Pertemuan Paus Fransiskus dengan Imam Besar Masjid Istiqlal dan tokoh-tokoh agama yang lain di Masjid Istiqlal Jakarta. Di sini, Paus juga akan berkunjung ke Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Gereja Katedral dengan Masjid Istiqlal.
  • Pukul 10.15 WIB: Paus bertemu dengan para penyandang difable atau penerima bantuan dari organisasi amal di Gedung KWI.
  • Pukul 12.00-15.30 WIB: GBK dibuka untuk umat
  • Pukul 17.00 WIB: Perayaan Misa Kudus bersama umat Katolik di Stadion GBK dan Stadion Madya Jakarta. Misa tersebut rencana akan dihadiri 86.000 umat Katolik yang terbagi atas 60.000 umat di GBK dan 26.000 umat di Stadion Madya. Paus direncanakan turun mengelilingi Stadion Madya untuk menyapa umat dengan mobil terbuka.

Jumat, 6 September 2024

  • Pukul 09.15 WIB: Upacara di Bandara Soeta untuk melepas perjalanan Paus Fransikus.
  • Pukul 09.45 WIB: Paus meninggalkan Indonesia menuju Port Moresby, Papua Nugini.

Demikian jadwal lengkap kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia, 3-6 September 2024.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*