Biaya Hidup Mahasiswa di Bogor dan Depok, Cek Kisarannya Yuk!

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (Dok.pmm.kampusmerdeka)
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (Dok.pmm.kampusmerdeka)
Sharing for Empowerment

BOGOR, KalderaNews.com – Berapa sih biaya hidup mahasiswa di sekitar Bogor dan Depok? Kalau kamu akan berkuliah di sekitar dua kota ini, ayo cek rinciannya di sini!

Depok dan Bogor adalah dua kota yang sering menjadi tujuan kuliah para mahasiswa.

Pasalnya, di Bogor sendiri ada Institut Pertanian Bogor (IPB) yang terkenal dan juga berbagai kampus keren lainnya.

Sementara di Depok ada sederet kampus ternama seperti  Universitas Indonesia (UI), Universitas Gunadarma, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Pembangunan Negeri Veteran dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:

Dua kota tersebut juga dikenal dengan fasilitas umumnya yang lengkap sehingga banyak calon mahasiswa untuk menjadikannya pilihan kuliah.

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Bogor dan Depok, coba yuk cek biaya hidup di kedua kota tersebut.

Biaya tempat tinggal

Untuk biaya hidup mahasiswa di Bogor dan Depok paling pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah tempat tinggal.

Biaya untuk sewa tempat tinggal sendiri berkisar mulai Rp 450.000 hingga Rp 1.000.000 per bulan.

Kalau kamu mahasiswa yang kuliah di IPB, pada tahun pertama, maka bisa tinggal di asrama kampus, tetapi tahun kedua dapat mencari tempat kos di luar dari asrama.

Nah, biaya kos sendiri tergantung dengan jarak ke kampus dan fasilitas yang disediakan ya!

Kalau kamu tinggal di rumah kontrakkan bersama teman-teman, maka biaya sewa rumah Bogor atau Depok, kisaran Rp 10 – 20 juta per tahun. Kamu bisa bagi dengan teman-teman lainnya.

Biaya makan

Untuk biaya makan mahasiswa di Bogor dan Depok, maka bisa siapkan anggaran Rp10.000 hingga Rp30.000 saja. Dengan catatan jika kamu makan di warteg, lesehan atau warung yang masih standar.

Dengan rentang harga  tersebut, biasanya kamu sudah bisa kenyang dengan lauk telur, sayur, atau tahu, tempe.

Kalau mau lauk yang lebih enak seperti daging atau ikan, biayanya bisa lebih mahal berkisar Rp15.000 hingga Rp20.000.  Jika mau berhemat, maka bisa memasak sendiri.

Kamu hanya perlu belanja beras per bulan dengan kisaran Rp100.000 dan bumbu-bumbunya. Pastikan kamu cari kos yang sudah ada dapurnya, ya!

Transportasi

Moda transportasi umum di Depok dan Bogor ini banyak sekali yang bisa dimanfaatkan. Kalau misalnya kamu tidak bawa kendaraan sendiri, maka bisa anggarkan dana untuk transportasi sekitar Rp 100 hingga 300 ribuan per bulannya.

Kalau kebetulan kamu sudah bawa kendaraan sendiri, maka bisa coba anggarkan biaya untuk bahan bakar dan perawatan sekitar Rp 200 hingga 500 ribuan per bulannya.

Kebutuhan lain

Terakhir, kamu bisa hitung kebutuhan bulanan untuk keperluan rumah tangga seperti sabun, deterjen, skincare dan printilan lainnya.

Jangan lupa juga untuk anggarkan kuota, nugas dan hiburan.  Untuk besarnya biaya belanja bulanan tergantung pada kebutuhanmu.

Setidaknya, kamu bisa siapkan dana Rp300.000 hingga  Rp300.000 untuk sekali belanja dalam 1 bulan.

Dengan kisaran biaya hidup mahasiswa di Bogor dan Depok ini, apakah sudah bisa membantumu untuk anggarkan uang saku ke orangtua?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*