Biaya Hidup Ngekos Mahasiswa di Surabaya, Ternyata Kisarannya Segini!

Kota Surabaya
Kota Surabaya (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Berapa biaya hidup ngekos di Surabaya bagi mahasiswa? Kalau kamu adalah mahasiswa baru, bisa cek kisarannya di sini!

Surabaya adalah rumah bagi puluhan kampus, baik itu negeri atau swasta. Banyak mahasiswa yang menimba ilmu di Surabaya.

Kalau kamu adalah mahasiswa baru atau calon mahasiswa baru yang akan berkuliah di Surabaya, mengetahui biaya hidup ngekos di kota ini amatlah penting.

BACA JUGA:

Jadi, kamu bisa memperkirakan biaya bulanan yang harus dikeluarkan. Yuk, intip kisaran biaya hidup ngekos di Surabaya untuk mahasiswa ini!

Biaya tempat tinggal

Informasi pertama yang harus kamu ketahui adalah biaya hidup di Surabaya. Kamu bisa pilih untuk tinggal di kost, kontrakan, ataupun apartemen.

Nah, untuk biaya sewa kamar kos dengan kamar mandi dalam dan Wi-Fi biasanya berkisar antara Rp1.500.000 sampai dengan Rp2.000.000 setiap bulannya. Kalau kamar mandi luar, biasanya ada di bawah 1 jutaan.

Kalau kamu ingin hemat anggaran, maka bisa sewa kontrakan dengan angka puluhan juta untuk satu tahunnya dibagi orang-orang yang menempati.

Nah, kalau kamu punya budget lebih, menyewa apartemen juga bisa menjadi alternatif. Harga sewa apartemen biasanya sebesar Rp2.500.000 sampai belasan juta.

Biaya makan

Biaya makan di Surabaya memang sedikit agak mahal, ya! Untuk mahasiswa yang makan di warteg biaya makan harian bisa berkisar antara Rp10.000 hingga Rp30.000 per hari. Namun itu tergantung dengan lauknya, ya!

Kalau kamu mau berhemat, maka solusinya bisa memasak sendiri. Jadi, kamu bisa bawa magicom dan cari kos dengan dapur sehingga bisa masak sendiri.

Biaya transportasi

Kalau kosmu punya jarak yang dirasa dekat dengan kampus, biaya transportasi tidak akan terlalu menekan anggaran bulanan. Paling, kamu hanya habis sekitar Rp50.000 sampai Rp100.000-an saja per bulannya karena naik angkutan di Surabaya hanya Rp4000 saja.

Tapi, jika kosmu kamu jauh dan bawa motor sendiri, maka anggaran yang dikeluarkan bisa mencapai Rp300.000 hingga Rp500.000. Angka ini belum termasuk biaya perawatan motor, ya!

Belanja bulanan

Selanjutnya, kamu bisa anggarkan uang untuk beli kebutuhan sehari-hari nih seperti sabun, sampo, alat tulis, beras, nugas sampai dengan kuota.

Kalau untuk kuota, mungkin kamu bisa anggarkan Rp50.000-Rp70.000 per bulan, tergantung dengan provider. Sementara untuk kebutuhan lainnya bisa anggarkan sekitar Rp200.000-Rp300.000-an.

Hiburan

Terakhir, untuk melepas penat setelah kuliah, kamu tentu membutuhkan hiburan dan rekreasi. Pada dasarnya, biaya untuk hal ini berbeda-beda, tergantung pada jenis hiburan yang kamu pilih dan gaya hidup.

Namun, kalau untuk sekedar piknik tipis-tipis, hangout di mall, nongkrong, maka bisa anggarkan sekitar Rp300.000-an atau lebih per bulannya.

Itulah biaya hidup ngekos di Surabaya bagi mahasiswa. Kalau sudah menjumlahkan semua anggarannya, pastikan bijak ya dalam mengelola keuangan!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*