Ada Peluang Nih! Beasiswa Riset Baznas BRIN, Untuk Mahasiswa S1 sampai S3 Lho!

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (Dok.pmm.kampusmerdeka)
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (Dok.pmm.kampusmerdeka)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Baznas dan BRIN meluncurkan program beasiswa riset. Bisa dimanfaatkan mahasiswa S1 sampai S3.

Beasiswa riset ini mengambil tema “Peran Zakat dalam Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem”.

Program beasiswa adalah komitmen Baznas dan BRIN untuk berkontribusi dalam investasi masa depan Indonesia.

Hal ini dikatakan Pimpinan Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Saidah Sakwan.

BACA JUGA:

“Program ini wujud komitmen Baznas untuk menjadikan zakat sebagai bagian dari solusi kebangsaan dan kenegaraan serta fondasi peradaban,” kata Saidah.

Sebenarnya, program beasiswa ini telah berjalan selama beberapa tahun lalu, dengan alokasi anggaran yang terus meningkat.

Riset peningkatan kualitas hidup

Riset ini, kata Saidah, didedikasikan untuk peningkatan kualitas hidup, terutama bagi 25,4 juta mustahiq (orang yang membutuhkan), termasuk 5,4 juta yang tergolong miskin ekstrem.

Saidah melanjutkan, Baznas pun mengembangkan dua sektor utama lain, yaitu pendistribusian zakat untuk kebutuhan darurat mustahiq dan pemberdayaan lewat intervensi produktif.

Ia juga berharap, hasil semua riset ini bisa menjadi dasar penguatan dalam pembuatan kebijakan tata kelola zakat di Indonesia.

“Semua kebijakan tata kelola zakat harus berbasis pada hasil riset serta kajian yang matang, bukan dibuat dari ruang kosong,” katanya.

Terbuka untuk S1-S3

Program beasiswa riset ini terbuka bagi jenjang mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan S1 hingga S3 dengan syarat harus meneliti seputar program zakat, mulai dari manajemen hingga pengelolaanya.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko sangat mendukung program beasiswa riset ini.

Menurut Handoko, sinergi Baznas dan BRIN menjadi peluang untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memberdayakan mustahiq.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*