Segini Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung, Apakah Terjangkau?

Mahasiswa Baru
Mahasiswa Baru (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Ternyata segini biaya hidup mahasiswa di Bandung, apakah terjangkau? Kalau kamu mau berkuliah ke kota ini, cek rinciannya di sini!

Bandung yang merupakan ibukota Jawa Barat memiliki banyak sekali kampus terkemuka dengan kurikulum terbaik.

Mulai dari kampus negeri hingga swasta, banyak pilihan perguruan tinggi di kota Bandung yang sering menjadi tujuan kuliah.

BACA JUGA:

Kalau kamu akan menjadi mahasiswa di salah satu kampus yang berada di Bandung dan bingung dengan berapa biaya hidupnya, yuk cek sini!

Biaya kos

Rincian biaya hidup di Bandung untuk mahasiswa yang harus dipikirkan pertama adalah tempat tinggal. Untuk masalah tempat tinggal, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih.

Opsi pertama adalah dengan sewa kos, adapun biaya termurahnya mulai dari Rp500.000 per bulan sampai Rp700.000-an. Tentu fasilitasnya minim seperti kamar mandi luar dan biasanya sudah include dengan listrik.

Sementara untuk kos dengan fasilitas lengkap, biasanya berkisar Rp1.000.000 hingga Rp1.500.000 per bulan. Meski mahal, biasanya sudah include kamar mandi dalam, AC dan wifi.

Selain itu, ada juga pilihan lain yaitu dengan kontrak rumah. Jadi, kamu bisa patungan dengan teman-temanmu yang lain.

Nah, untuk biaya-nya sendiri tergantung ukuran rumah dan jumlah kamarnya. Namun, untuk range-nya sendiri ada di angka Rp2.000.000-Rp3.000.000 per tahunnya.

Biaya makan

Konsumsi adalah salah satu kebutuhan primer yang tidak kalah pentingnya dari tempat tinggal. Jadi, anggaran biaya untuk makan ataupun minum bisa lebih besar nih dari pos pengeluaran lainnya.

Kalau kamu tidak memasak, maka untuk sekali makan di warteg, bisa siapkan anggaran Rp8.000 hingga Rp10.000 saja. Rentang harga  tersebut sudah bisa makan nasi, sayur, dan lauk tahu, tempe atau telur.

Nah, jika mau makan lauk yang lebih enak seperti ayam atau ikan, biayanya bisa lebih mahal yaitu Rp15.000 hingga Rp20.000.

Tapi, kalau kamu masak sendiri, maka anggaran untuk 3 kali makan dalam sehari bisa murah, yakni berkisar Rp10.000-Rp20.000. Jangan lupa juga biaya lain-lain seperti air mineral galon, bumbu, atau beras jika kamu ingin masak nasi sendiri.

Transportasi

Pos pengeluaran lainnya selama berkuliah di Bandung adalah transportasi. Sekalipun kos kamu dekat dengan kampus, tetap saja kamu memerlukan transportasi untuk bepergian ke tempat wisata.

Kalau tidak membawa kendaraan pribadi, ada berbagai pilihan transportasi umum yang bisa dipilih, seperti ojek online, angkot, ojek pangkalan, dan bis damri. Untuk biayanya sendiri berkisar Rp2.000 sampai Rp10.000.

Kebutuhan lain

Anggaran selanjutnya yang harus kamu hitung adalah kebutuhan bulanan. Kamu tentu membutuhkan keperluan rumah tangga seperti sabun, deterjen, skincare dan sebagainya yang dibeli setiap belanja bulanan.

Selain itu, biaya kuota, nugas dan sebagainya juga perlu kamu masukkan dalam anggaran ini. Jadi, belanja bulanan juga jadi salah satu pos pengeluaran penting.

Untuk besarnya biaya belanja bulanan sendiri tergantung pada kebutuhanmu. Namun kamu bisa siapkan dana Rp300.000 untuk sekali belanja dalam 1 bulan.

Bagaimana, apakah biaya hidup mahasiswa di Bandung untuk mahasiswa ini terbilang aman dan terjangkau menurutmu?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*