Segini Biaya Hidup di Jakarta untuk Mahasiswa, 5 Faktor Penting yang Harus Dicatat

Beberapa mahasiswa sedang berdiskusi. (by freepik)
Beberapa mahasiswa sedang berdiskusi. (by freepik)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Berapa sih biaya hidup di Jakarta bagi mahasiswa? Kalau kamu mau berkuliah di kota ini, catat baik-baik anggaran yang harus disiapkan, yuk!

Jakarta adalah salah satu kota metropolitan yang memiliki banyak sekali kampus-kampus mentereng. Mulai dari kampus negeri hingga swasta, banyak pilihan untuk menimba ilmu di kota ini.

Kalau kamu sudah diterima di salah satu kampus terbaik Jakarta dan bingung dengan berapa biaya hidup ngekos selama satu bulannya, tenang saja!

BACA JUGA:

Yuk, cek biaya hidup di Jakarta bagi mahasiswa yang bisa dijadikan panduan atau referensimu, nih! Jadi, kamu bisa kira-kira sendiri minta uang saku ke orang tua harus berapa.

Biaya ngekos atau tempat tinggal

Salah satu komponen terbesar dalam biaya hidup mahasiswa di Jakarta adalah biaya tempat tinggal. Pilihan untuk tempat tinggal di Jakarta sangat bervariasi, mulai dari kos-kosan sederhana hingga apartemen mewah.

Tentu saja biayanya disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing mahasiswa, ya! Untuk kos-kosan di daerah yang dekat dengan kampus, harga sewanya bisa berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.500.000 per bulan.

Nah, harga ini tergantung pada fasilitas yang ditawarkan, ya! Nah, kalau kamu memilih untuk tinggal di apartemen, biaya sewanya bisa jauh lebih tinggi, mulai dari Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000 per bulannya.

Biaya makan

Biaya makan juga menjadi aspek penting yang perlu dipertimbangkan selama tinggal di Jakarta. Di Jakarta, kamu bisa menemukan berbagai pilihan makanan, mulai dari yang murah hingga mahal.

Untuk mahasiswa yang sering makan di warteg atau kantin kampus, biaya makan harian bisa berkisar antara Rp15.000 hingga Rp30.000 per hari.

Kalau dilkalkusasikan sih sekitar Rp600.000 hingga Rp1.500.000 per bulan ya, tergantung lauk dan tempat di mana kamu makan.

 Jika kamu lebih sering makan di restoran atau kafe, tentu anggaran makanmu ya akan semakin meningkat.

Alternatif lainnya jika kamu berhemat adalah memasak sendiri. Jadi, kamu bisa beli magicom dan cari kos dengan dapur agar lebih nyaman masak sendiri.

Biaya transportasi

Jakarta dikenal dengan lalu lintasnya yang padat, sehingga transportasi menjadi faktor penting dalam perhitungan biaya hidup. Bagi mahasiswa, transportasi umum seperti TransJakarta, KRL, atau MRT adalah pilihan yang ekonomis.

Kalau kosmu dekat dengan kampus, maka biaya transportasi umum tidak akan terlalu boncos. Biaya transportasi bulanan dengan menggunakan transportasi umum jika kosmu dekat kampus bisa jadi hanya sekitar Rp50.000 sampai Rp100.000-an saja per bulannya.

Tapi, kalau kosmu kamu jauh, barangkali bisa berkisar antara Rp200.000 hingga Rp300.000. Nah, kalau kamu bawa motor sendiri, kemungkinan biayanya bisa menghabiskan Rp150.000 hingga Rp300.000-an per bulannya.

Belanja bulanan

Biaya hidup di Jakarta bagi mahasiswa selanjutnya yang harus dipikirkan adalah belanja bulanan mencakup kebutuhan sehari-hari. Misalnya nih sabun, sampo, alat tulis, hingga kuota dan kebutuhan dapur jika kamu memasak sendiri.

Untuk kebutuhan dasar ini, mahasiswa biasanya menghabiskan sekitar Rp200.000 hingga Rp400.000 per bulan, tergantung pada gaya hidup dan kebiasaan belanja.

Lifestyle dan biaya lain

Faktor terakhir yang tak kalah penting untuk menghitung biaya hidup di Jakarta bagi mahasiswa adalah lifestyle dan kebutuhan lainnya.

Kamu mungkin butuh hiburan bersama teman kuliah untuk sekedar nonton film di bioskop, nongkrong di kafe, atau jalam-jalan.

Biaya untuk gaya hidup ini sangat bervariasi, tetapi rata-rata mahasiswa mungkin akan menghabiskan sekitar Rp200.000 hingga Rp500.000 per bulan, tergantung pada seberapa sering kamu senang dengan kegiatan ini.

Selain itu, ada juga biaya tak terduga seperti perawatan kesehatan, biaya buku atau alat kuliah tambahan, dan lainnya yang perlu diperhitungkan.

Bagaimana, apakah biaya hidup di Jakarta bagi mahasiswa ini termasuk murah atau standar?

Coba kalkulasi baik-baik ya agar kamu bisa lebih bijak mengaturnya!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*