13 Zona Gempa Megathrust Berhasil Diidentifikasi Peneliti BMKG, Berikut Daftar Wilayahnya

Gempa bumi. (Ist.)
Gempa bumi. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Ada 13 zona gempa megathrust yang berhasil diidentifikasi oleh peneliti BMKG. Mana saja wilayah tersebut?

Gempa bumi megathrust menjadi salah satu isu yang diwaspadai oleh masyarakat Indonesia saat ini.  Kabar mengenai ancaman soal terjadinya gempa bumi megathrust bukanlah isu burung.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membenarkan adanya gemba bumi megathrust dan memberikan imbauan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman gempa ini.

BACA JUGA:

Namun, BMKG belum bisa memprediksi kapan waktu pasti terjadinya gempa bumi megathrust ini sehingga masyarakat hanya dihimbau untuk selalu waspada.

Terkait dengan isu adanya gemba bumi megathrust, rupanya penelitian terhadap potensi terjadinya gempa ini sudah dilakukan cukup lama.

Salah satu peneliti BMKG, Pepen Supendi menyampaikan bahwa sudah ada 13 titik atau zona gempa megathrust yang berhasil diidentifikasi.

“Di Indonesia sendiri ada 13 zona megathrust yang sudah teridentifikasi oleh para ahli,” jelas Pepen Supendi.

Wilayah yang menjadi zona megathrust

Sebanyak 13 zona megathrust yang disebut sudah berhasil diidentifikasi tersebut tersebar di beberapa wilayah seperti Pantai Barat Sumatera, Selatan Jawa, Nusa Tenggara, Utara Sulawesi, dan juga Utara Papua.

“Mulai dari Pantai Barat Sumatera, Selatan Jawa, Nusa Tenggara, Utara Sulawesi, dan juga Utara Papua,” terang Pepen.

Selanjutnya Pepen Supendi menjelaskan terkait apa yang dimaksud dari zona megathrust yang menimbulkan potensi gempa besar itu sendiri.

Dalam keterangannya, Pepen menjelaskan bahwa megathrust merupakan salah satu bagian yang terdapat di zona suduksi.

“Pada zona suduksi ada bagian yang kita kenal dengan zona megathrust,” ungkap Pepen.

Zona megathrust ini adalah sebuah bidang kotak yang terdapat di antara bidang kotak antara lempeng dengan kedalaman mencapai 50 kilometer.

Pepen Supendi juga mengungkapkan salah satu zona megathrust ini dapat ditemukan di wilayah Selat Sunda yaitu pada bidang kotak antara lempeng sampai kedalaman sekitar 50 kilometer.

“Dan salah satunya adalah megathrust Selat Sunda,” tegas Pepen.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*