Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Solo? Coba Cek Rinciannya di Sini!

Mahasiswa Baru
Mahasiswa Baru (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

SURAKARTA, KalderaNews.com – Solo atau Surakarta adalah salah satu kota yang dikenal memiliki biaya hidup murah. Sebagai mahasiswa, berapa biaya hidup di Solo?

Solo adalah kota yang diincar oleh para mahasiswa karena selain biaya hidupnya murah, akses transportasi ke manapun juga mudah dan banyak.

Selain itu, banyak universitas negeri hingga swasta berdiri di kota ini. Bagi kamu yang berencana untuk kuliah ke Solo, mengetahui estimasi biaya hidup selama kuliah di kota ini menjadi hal penting.

BACA JUGA:

Cek yuk biaya hidup di Solo untuk mahasiswa yang ngekos agar orang tua lebih mudah memberi anggaran uang saku setiap bulannya:

Biaya kos

Pertama, saat merantau ke kota Solo, kamu harus anggarkan biaya ngekos atau tempat tinggal. Untungnya nih, harga tempat kos di Solo lumayan terjangkau.

Jebres, Mojosongo, Banjarsari, Laweyan, adalah beberapa daerag yang banyak menawarkan kos-kosan. Tarifnya sendiri tergantung dengan fasilitas, jarak ke kampus kamu dan juga ukuran kamar kos.

Kisaran biaya kosnya bisa Rp400.000- Rp1.500.000 per bulannya. Tentu saja semakin mahal, tentu semakin lengkap fasilitas yang diberikan

Biaya makan

Selanjutnya, anggaran makan juga harus kamu hitung selama kuliah di Solo. Umumnya, untuk biaya makan di Solo, masih terbilang murah juga.

Dalam satu hari makan, kamu bisa anggarkan Rp15.000 hingga Rp30.000. Namun kisaran ini disesuaikan dengan pilihan lauk yang kamu makan.

Tagihan listrik

Tidak semua kos memiliki fasilitas listrik gratis. Tapi, kalau kos kamu biaya sewanya sudah include listrik, maka bisa skip bagian ini.

Nah, jika kosmu belum include dengan tagihan listrik, maka bisa tambahkan item pengeluaran ini. Umumnya biaya listrik mahasiswa selama 1 bulan bisa Rp30.000-Rp50.000 tergantung pada apa saja barang elektronik yang kamu bawa.

Transportasi

Jika kamu memilih kos yang dekat dengan kampus, biaya transportasi yang harus dikeluarkan pastinya tidak terlalu banyak.

Tapi kalau misalnya jauh dan kebetulan sudah bawa motor sendiri sementara mobilitasmu hanya ke kampus atau sekedar nugas dan nongkrong, estimasi biaya bensin per bulan bisa Rp150.000-Rp200.000.

Nah, kalau kamu tidak bawa motor, di Solo ini masih banyak transportasi umum seperti ojek online, becak, dan Batik Solo Trans atau BST. Serunya nih kalau naik BST untuk pelajar, biayanya hanya Rp2000 saja, lho!

Kebutuhan lain

Anggaran selanjutnya yang harus kamu hitung adalah kebutuhan bulanan. Misalnya seperti kebutuhan print tugas, sabun mandi, sabun cuci, nongkrong, biaya service, beli obat dan lain-lain.

Setidaknya, kamu perlu siapkan anggaran sekitar Rp150.000 hingga Rp250.000-an untuk pos pengeluaran ini, ya!

Itulah rincian biaya hidup untuk mahasiswa di Solo yang bisa jadi estimasi anggaranmu kalau mau kuliah ke kota yang indah ini!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*