Berapa Sih Biaya Hidup di Yogyakarta untuk Mahasiswa? Yuk, Cek Rinciannya di Sini!

Tugu Yogyakarta (Tugu Ngayogyakarta) menjadi simbol atau lambang dari kota Yogyakarta
Tugu Yogyakarta (Tugu Ngayogyakarta) menjadi simbol atau lambang dari kota Yogyakarta (KalderaNews/Arli Cia)
Sharing for Empowerment

YOGJAKARTA, KalderaNews.com – Yogyakarta menjadi salah satu kota pelajar yang dikenal dengan biaya hidup murah. Lalu, berapa biaya hidup untuk mahasiswa di kota ini?

Kalau kamu berencana untuk kuliah ke Yogyakarta, mengetahui estimasi anggaran biaya hidup selama di kota ini sangatlah penting.

Pasalnya, kamu jadi bisa membuat anggaran kebutuhan selama satu bulan. Baik kamu mendapat kiriman dari orangtua atau sambil bekerja part time ke depannya, coba cek biaya hidup mahasiswa di Yogyakarta:

BACA JUGA:

1. Biaya kos

Hal penting yang harus diketahui saat merantau ke Yogyakarta adalah biaya kos atau tempat tinggal. Besaran harga tempat kos ini tergantung dengan fasilitas, jarak ke kampus dan ukuran kos.

Kalau kamu carinya di dekat-dekat kampus, maka perlu siapkan anggaran sekitar Rp400.000- Rp700.000 per bulan.

Semakin mahal, tentu semakin bagus juga bangunan tempat tinggalnya. Namun, harga tersebut adalah tipe yang standar ya!

Kalau kamu cari yang ekslusif dan dekat kampus, kisaran biaya sewa Rp1.000.000 – Rp2.000.000 per bulan. Biaya itu biasanya sudah dilengkapi AC, perabot, wifi atau fasilitas lainnya.

2. Biaya makan

Makan adalah hal kedua yang harus kamu hitung selama kuliah. Standarnya, untuk biaya makan di Yogyakarta satu kali makan sangatlah murah, sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000, tergantung lauknya.

Jadi, dalam satu hari makan, biaya yang dikeluarkan Rp15.000 hingga Rp30.000. Kalau mau hemat, maka bisa masak nasi sendiri atau masak lauk sendiri.

Belanja sayuran sendiri untuk dimasak sekitar Rp5.000 hingga Rp15.000 untuk 3 kali makan, di luar nasi tentunya.

3. Tagihan listrik

Pengeluaran yang harus dipikirkan selanjutnya adalah listrik atau utilitas lainnya. Biasanya ada kos yang sudah include tagihan listrik, namun ada yang tidak.

Hal ini dikarenakan setiap mahasiswa bisa membawa alat elektronik yang berbeda-beda. Ada yang bawa TV, blender, kipas angin, setrika hingga hair dryer.

Nah, yang demikian itu bisa dihitung per item elektronik, atau bisa juga nih berdasarkan token. Namun umumnya biaya listrik mahasiswa selama 1 bulan bisa Rp30.000-Rp50.000 tergantung kebutuhan.

4. Transportasi

Kalau kos yang kamu pilih dekat dengan kampus, maka biaya transportasi yang harus dikeluarkan lumayan sedikit karena kampus bisa diakses dengan cara berjalan kaki.

Tapi kalau misalnya jauh dan kamu bawa motor sendiri sementara mobilitasmu tidak banyak, maka biaya bensin yang bisa dikeluarkan bisa Rp50.000-Rp100.000.

Bagaimana kalau tidak punya motor, tenang! Ada banyak moda transportasi ojek online dan angkutan umum seperti TransJogja yang hanya memakan biaya sebesar Rp3.600 saja.

5. Kebutuhan bulanan

Anggaran yang selanjutnya diperhitungkan adalah kebutuhan bulanan, seperti sabun mandi, sabun cuci, print tugas kuliah, dan printilan lainnya.

Setidaknya, anggaran untuk memenuhi kebutuhan bulanan ini adalah sekitar Rp50.000 hingga Rp150.000-an.

6. Kebutuhan lain-lain

Nah, yang terakhir, kamu bisa anggarkan dana untuk kebutuhan lain-lain. Biaya kebutuhan lain-lain ini bisa untuk rekreasi, nongkrong bersama teman, atau untuk biaya tak terduga semacam berobat, service kendaraan, dan lain sebagainya.

Namun, pastikan untuk kebutuhan hiburan ini jangan banyak-banyak karena bukan skala prioritas. Setidaknya, untuk kebutuhan lain-lain ini, kamu bisa saja siapkan Rp100.000 – Rp200.000 per bulan.

Bagaimana, sudah tahu apa saja yang harus dikeluarkan bukan? Setelah tahu berapa biaya hidup untuk mahasiswa di Yogyakarta, bisa coba kalkulasi kebutuhanmu mulai dari sekarang!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*