Jokowi Naikkan Anggaran Pendidikan 2025 hingga Rp722,6 Triliun di Akhir Masa Jabatan, Ada Apa?

Pelajar Sekolah Dasar. (Ist.)
Pelajar Sekolah Dasar. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Kabar baik datang dari sektor pendidikan. Di akhir masa jabatannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) naikkan anggaran pendidikan 2025 hingga  Rp722,6 Triliun.

Presiden Jokowi mengalokasikan anggaran pendidikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2025 yang menjadi angin segar bagi sektor pendidikan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam rangka Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:

Anggaran pendidikan 2025 naik

“Anggaran pendidikan dialokasikan sebesar Rp722,6 triliun, dialokasikan untuk peningkatan gizi anak sekolah, renovasi sekolah, dan pengembangan sekolah unggulan,” ucap Jokowi.

Ia  menambahkan, anggaran pendidikan diberikan juga untuk perluasan program beasiswa, pemajuan kebudayaan, penguatan perguruan tinggi kelas dunia, dan demi pengembangan riset.

Pada APBN 2024 lalu, Jokowi mengalokasi anggaran pendidikan sebesar Rp660,8 triliun. Artinya, ada kenaikan pada APBN 2025 di sektor pendidikan.

Bangun SDM unggul melalui reformasi pendidikan

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah harus bekerja keras untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berdaya saing, produktif, dan inovatif.

Semua itu bisa dipenuhi dengan melakukan reformasi pendidikan, transformasi sistem kesehatan, serta penguatan jaring pengaman sosial.

Oleh karena itu, Jokowi menambahkan bahwa bantuan pendidikan akan terus diberikan untuk masyarakat miskin dan rentan. Program Indonesia Pintar untuk pendidikan juga diberikan kepada sekitar 20 juta siswa per tahun.

“Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Bidik Misi untuk pendidikan 1,5 juta mahasiswa. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk pendidikan sekitar 45 ribu mahasiswa,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*