Berapa Honor Paskibraka yang Didapat? Inilah Kisaran Gaji yang Didapat oleh Petugas Paskibraka

Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang disebut Tim Indonesia Jaya bertugas pada Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada peringatan HUT ke-78 RI di halaman Istana Merdeka berlangsung pada 17 Agustus2023 pukul 17.00 WIB (
Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang disebut Tim Indonesia Jaya bertugas pada Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada peringatan HUT ke-78 RI di halaman Istana Merdeka berlangsung pada 17 Agustus2023 pukul 17.00 WIB (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah menjadi Paskibraka mendapatkan gaji? Berapa honor Paskibraka tingkat kabupaten sampai nasional yang didapat? Ini penjelasan lengkap tentang gaji Paskibraka!

Para anggota Paskibraka merupakan para siswa siswi terbaik di Indonesia yang mengikuti ekstrakurikuler Paskibra.

Mereka yang berhasil menjadi anggota Paskibraka diwajibkan untuk mengikuti berbagai macam tahapan seleksi dan latihan intensif.

Setelah melalui tahapan dan seleksi, maka mereka bisa mengibarkan sang saka Merah Putih pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus.

BACA JUGA:

Para petugas Paskibraka inipun juga bertugas untuk menurunkan bendera Merah Putih di sore harinya.

Adapun anggota Paskibraka ini ada yang bertugas di tingkat nasional dan ada juga di daerah.

Atas pengorbanan dan kerja kerasnya, para anggota Paskibraka juga mendapat penghargaan dari pemerintah disertai dengan honor.

Lalu, berapa gaji para anggota Paskibraka nasional, provinsi dan kabupaten? Intip kisaran gaji yang diterima oleh mereka, yuk!

Gaji Paskibraka nasional

Gaji yang Paskibraka nasional terima diperkirakan sekitar Rp 3-10 juta. Selain itu, anggota Paskibraka terpilih juga mendapatkan sejumlah bonus atas tugas yang mereka lakukan.

Pada 2022, PT Pegadaian bahkan pernah mengapresiasi Tim Paskibraka Nasional dengan memberikan beasiswa berupa Tabungan Emas senilai Rp 248 juta. Saat itu, beasiswa tabungan emas diberikan kepada 68 anggota Paskibraka nasional dan juga 44 orang pelatih.

Jadi, masing-masing anggota Paskibraka mendapat tabungan emas dengan nilai Rp 3 juta dan para pelatih senilai Rp 1 Juta.

Gaji Paskibraka provinsi

Sementara itu, di level provinsi, honor Paskibraka berbeda-beda. Hal ini berdasarkan pada kebijakan pemerintah provinsi.

Pada 2022 misalnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat memberikan honor Rp 1,5 juta per orang untuk Paskibraka yang bertugas dalam upacara 17 Agustus.

Tak hanya itu, anggota Paskibraka juga berhak mendapat uang pengganti transportasi selama masa pelatihan.

Seluruh anggota juga mendapat sertifikat penghargaan atas prestasinya. Sertifikat ini bisa digunakan untuk daftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Gaji Paskibraka kota atau kabupaten

Sementara untuk gaji Paskibraka di tingkat kabupaten/kota juga berbeda-beda sesuai dengan dari kebijakan pemerintah daerah.

Adapun kisaran honor Paskibraka tingkat kabupaten yang diterima adalah sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta.

Pemerintah daerah juga turut memberikan insentif tambahan berupa biaya pendidikan.

Misalnya pada periode 2021 dan 2022, sebanyak 140 anggota Paskibraka Kabupaten Jombang mendapat penghargaan berupa biaya pendidikan dari Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Selain mendapat gaji Paskibraka, ada juga reward lainnya yang diberikan atas kinerja terbaik mereka.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*