Lulusan MAN, Kadit Peserta CoC Disorot Hebat oleh Netizen, Yuk Kenali Perbedaan MAN IC, MAN PK, dan MAKN

MAN Insan Cendekia Serpong . (KalderaNews.com/Dok.MAN IC Serpong)
MAN Insan Cendekia Serpong . (KalderaNews.com/Dok.MAN IC Serpong)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Baru-baru ini, seorang lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Kadit menjadi sorotan netizen setelah sukses di kompetisi Clash of Champions (CoC).

Keberhasilan Kaditya Rakan Pandyansa menjadi 3 terbaik menyoroti kualitas dan potensi luar biasa yang dimiliki lulusan madrasah ini.

Namun, apa perbedaan antara MAN IC, MAN PK, dan MAKN?

Bagi yang tertarik untuk menyekolahkan sang anak di madrasah, pastikan orangtua tahu perbedaan ketiga kategori MAN ini!

BACA JUGA:

Meski sama-sama dinaungi oleh Kementerian Agama (Kemenag), namun ada perbedaan antara ketiga MAN ini.

Nah, jika ingin lebih jelas, yuk pahami perbedaannya.

1. MAN IC (Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia)

MAN IC merupakan madrasah unggulan nasional yang dikhususkan dalam bidang sains dan humaniora.

Dikenal sebagai salah satu program unggulan binaan Kemenag, MAN IC dirancang mencetak calon peserta didik yang berbakat dan berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi.

Fokus utama dari MAN IC adalah mempersiapkan siswa untuk dapat mengakses perguruan tinggi ternama baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan kurikulum yang menekankan pada pengembangan keterampilan akademis dan karakter, lulusan MAN IC diharapkan dapat menjadi teknokrat, saintis, dan pemimpin masa depan.

2. MAN PK (Madrasah Aliyah Negeri Program Khusus)

MAN PK adalah madrasah unggulan nasional dengan fokus pada bidang agama dan keagamaan. Sebagai program unggulan binaan Kemenag, MAN PK juga merupakan tempat belajar bagi calon peserta didik yang berbakat dan berprestasi.

Kurikulum di MAN PK tidak hanya mencakup pelajaran umum tetapi juga mendalami ilmu agama secara mendalam.

Lulusan MAN PK dipersiapkan untuk dapat mengakses perguruan tinggi top nasional dan internasional.

Para siswa diharapkan menjadi ulama-cendikia dan cendikia yang ulama, yang akan memainkan peran penting dalam mengawal dan mengembangkan kehidupan keagamaan bangsa Indonesia.

3. MAKN (Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri)

Apa beda MAN IC, MAN PK dan MAKN selanjutnya? Nah, kalau MAKN memiliki orientasi yang berbeda, yaitu mengembangkan bakat dan minat peserta didik di bidang vokasi, mirip dengan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pembelajaran di MAKN tidak hanya melibatkan pengembangan keterampilan vokasional tetapi juga diwarnai dengan ciri khas agama Islam.

Menekankan nilai-nilai akhlak dan keislaman dalam proses belajar, MAKN bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar siap terjun ke dunia kerja dengan bekal keterampilan yang memadai serta pemahaman agama yang kuat.

Ketiga jenis madrasah ini, yaitu MAN IC, MAN PK, dan MAKN, memiliki tujuan dan fokus pendidikan yang berbeda-beda, namun masing-masing berkontribusi pada pengembangan potensi dan keahlian siswa sesuai dengan bidangnya.

Setelah tahu perbedaan MAN IC, MAN PK dan MAKN ini, orang tua dapat menentukan mana madrasah yang sekiranya pas dan cocok untuk sang anak kelak.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*