6 Jurnal Scopus Tidak Berbayar atau Gratis, Menarik untuk Dicoba Nih!

Menulis jurnal ilmiah. (Ist.)
Menulis jurnal ilmiah. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menerbitkan artikel ilmiah di jurnal terindeks Scopus sangatlah penting. Ada 6 jurnal Scopus tidak berbayar atau gratis yang bisa dicoba.

Banyak mahasiswa, dosen dan peneliti yang kesulitan dengan biaya publikasi yang cukup tinggi. Untungnya, ada beberapa jurnal Scopus yang menawarkan akses dan publikasi gratis.

Hadirnya jurnal Scopus tidak berbayar alias gratis ini memungkinkan siapapun untuk menyebarluaskan hasil penelitian tanpa harus mengeluarkan biaya yang signifikan.

BACA JUGA:

Jurnal-jurnal ini tidak hanya menyediakan platform untuk publikasi, tetapi juga menjamin kualitas dan integritas melalui proses peer review yang ketat

Dengan memilih jurnal yang terindeks Scopus dan open access, kamu dapat memastikan bahwa karyamu dapat diakses oleh audiens global tanpa hambatan finansial.

Cek di sini yuk jurnal Scopus tidak berbayar alias gratis:

1. The International Review Research in Open and Distributed Learning (IRRODL)

IRRODL, yang diterbitkan di bawah naungan Athabasca University, adalah jurnal open access yang telah terindeks Scopus.

Jurnal ini fokus pada bidang sosial sains dengan spesialisasi dalam pendidikan dan merupakan jurnal Scopus Q1.

Menerbitkan artikel sebanyak empat kali setahun, IRRODL menawarkan kesempatan publikasi tanpa biaya, menjadikannya pilihan menarik.

2. International Journal of Mechanical Engineering and Robotics Research (IJMEMS)

IJMEMS mencakup berbagai disiplin ilmu seperti matematika, teknik, manajemen bisnis, akuntansi, dan komputer. Termasuk dalam kategori Scopus Q2, jurnal ini biasanya menerbitkan enam edisi per tahun.

IJMEMS menawarkan publikasi gratis, membuatnya menjadi pilihan menarik bagi kamu yang mencari opsi tanpa biaya untuk mengirimkan karya.

3. International Journal of Management Science and Engineering Management

Diterbitkan oleh Taylor & Francis Online, jurnal ini telah terindeks Scopus sejak tahun 2006 dan termasuk dalam kategori Scopus Q1.

Fokus jurnal ini mencakup manajemen bisnis, sistem informasi, teknik, matematika, dan akuntansi. Artikel dapat dipublikasikan secara gratis, namun setiap terbitan hanya menerima hingga empat judul.

Jurnal ini terbit empat kali setahun, menjadikannya tempat yang baik untuk submit jurnal Scopus gratis.

4. Walailak Journal of Science and Technology (WJST)

Diterbitkan oleh Walailak University, WJST telah terindeks Scopus sejak 2012 dan merupakan jurnal open access.

Menerbitkan artikel bulanan, WJST termasuk dalam kategori Scopus Q4 dan mengizinkan hingga sepuluh artikel per edisi.

 Dengan akses publikasi gratis untuk semua kelompok pengetahuan, WJST adalah opsi ideal untuk peneliti yang ingin mempublikasikan karya mereka tanpa biaya.

5. Journal of Information and Communication Technology (JICT)

JICT, yang telah terindeks Scopus sejak 2011, fokus pada matematika dan ilmu komputer. Jurnal ini termasuk dalam kategori Scopus Q3 dan terbit empat kali setahun, dengan batas maksimum tujuh artikel per edisi.

Sebagai salah satu jurnal yang memungkinkan publikasi gratis, JICT adalah pilihan yang patut dipertimbangkan untuk peneliti di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

6. Engineering Science & Technology, an International Journal (JESTECH)

JESTECH biasanya membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk proses publikasi, tergantung pada kecepatan respon penulis dalam revisi.

Jurnal ini meminta artikel dalam format sederhana, seperti satu kolom dan ukuran font 12. Template untuk penulisan dapat diunduh secara gratis.

JESTECH juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk publikasi artikel gratis dengan syarat plagiarisme tidak lebih dari 10%.

Itulah 6 jurnal Scopus tidak berbayar atau gratis. Pastikan untuk memeriksa panduan pengiriman masing-masing jurnal untuk memastikan bahwa artikelmu sesuai dengan kriteria.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*