Kesempatan Emas! Ada Beasiswa SINGA yang Bisa Dicoba, Kuliah Gratis S3 di Singapura, Lulusan S1 Juga Bisa Daftar

Singapura (Ist.)
Singapura (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tertarik kuliah di Singapura? Ada Beasiswa Singapore International Graduate Award (SINGA) 2025 untuk dicoba!

Beasiswa ini ditujukan untuk mereka lulusan S1 dan S2 yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S3.

Nah, menariknya beasiswa ini juga menawarkan kesempatan bagi lulusan S1 untuk langsung memasuki program S3.

Banyak universitas di Singapura yang mengikuti standar internasional, sehingga mahasiswa S1 dapat melanjutkan studi ke jenjang S3 tanpa harus menyelesaikan program S2 terlebih dahulu, dengan durasi kuliah selama empat tahun.

BACA JUGA:

Terbuka untuk mahasiswa on going S3

Beasiswa SINGA merupakan hasil kerja sama antara berbagai lembaga dan universitas di Singapura, termasuk Singapore Institute of Technology (SIT), Singapore Management University (SMU).

Kemudian ada Nanyang Technological University (NTU), Singapore University of Technology and Design (SUTD), National University of Singapore (NUS), dan Agency for Science, Technology and Research (A*STAR).

Beasiswa SINGA 2025 ditujukan khusus untuk kandidat yang akan melakukan penelitian dalam bidang seperti Ilmu Komputer dan Informasi, Ilmu Biomedis, Ilmu Fisika dan Teknik dan Teknologi.

Program ini juga terbuka bagi mahasiswa yang sudah menjalani atau sedang menjalani program PhD. Jadi, baik kamu yang telah menyelesaikan S3 atau masih dalam masa studi S3, keduanya diperbolehkan untuk mendaftar.

Bagi yang sudah terdaftar di program PhD lain, perlu menyertakan alasan mengapa ingin pindah ke program PhD yang ditawarkan oleh SINGA.

Cakupan beasiswa SINGA 2025

Cakupan beasiswa mencakup biaya kuliah secara penuh, serta biaya hidup sebesar 2.700 dolar Singapura (sekitar Rp 32 juta) per bulan.

Jumlah tersebut akan meningkat menjadi 3.200 dolar Singapura (sekitar Rp 39 juta) per bulan setelah lulus ujian kualifikasi.

Selain itu, terdapat tunjangan kedatangan sebesar 1.000 dolar Singapura (sekitar Rp 12 juta) dan biaya tiket pesawat sebesar 1.500 dolar Singapura (sekitar Rp 18 juta).

Persyaratan Beasiswa SINGA 2025

  1. Terbuka untuk pelamar internasional yang menunjukkan minat besar dalam penelitian dan memiliki catatan akademik yang memuaskan.
  2. Ditujukan untuk warga negara non-Singapura.
  3. Harus menyertakan transkrip akademik dan ijazah yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
  4. Diperlukan dua surat rekomendasi.
  5. Skor GRE dibutuhkan khusus untuk pendaftar ke National University of Singapore (NUS).
  6. Sertifikat IELTS/TOEFL/SAT adalah opsional, tergantung pada kebutuhan universitas dan program studi.
  7. Pelamar harus memiliki paspor yang valid.
  8. Menyediakan foto terbaru ukuran paspor dalam format .jpeg atau .png.
  9. Menyertakan proposal penelitian.

Prosedur Pendaftaran Beasiswa S3 Singapura 2025

  1. Daftarkan aplikasi beasiswa SINGA secara online di situs www.a-star.edu.sg.
  2. Buat akun baru jika belum memiliki akun sebelumnya.
  3. Pilih proyek penelitian PhD yang diinginkan.
  4. Unggah semua dokumen dalam bentuk soft copy (PDF) dan kirimkan aplikasi sebelum batas waktu, yaitu 1 Desember 2024 pukul 23.59 waktu Singapura, untuk program yang dimulai Agustus 2025.
  5. Jika berhasil melewati seleksi awal, pelamar akan dihubungi dalam waktu 12 minggu (3 bulan) setelah penutupan pendaftaran dan akan diundang untuk wawancara.

Beasiswa SINGA 2025 menawarkan kesempatan berharga bagi mahasiswa internasional yang ingin mengejar studi doktoral di Singapura dengan dukungan finansial yang komprehensif.

Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan dan mengikuti prosedur pendaftaran dengan cermat sebelum batas waktu 1 Desember 2024.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*