Cek di Sini Yuk! 8 Kampus Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia, Sudah Terakreditasi A Lho!

Ilustrasi: Universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik di Indonesia. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Ilustrasi: Universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik di Indonesia. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Ingin jadi seorang psikolog? Cek di sini yuk 8 kampus swasta dengan jurusan Psikologi terbaik di Indonesia yang sudah terakreditasi A!

Memilih universitas yang tepat untuk melanjutkan studi adalah keputusan penting yang akan memengaruhi masa depan seseorang.

Bagi kamu yang tertarik mendalami ilmu psikologi, penting untuk memilih jurusan yang tidak hanya menawarkan kualitas pendidikan tinggi, tetapi juga telah diakui secara resmi oleh badan akreditasi.

Akreditasi A adalah salah satu indikator utama dari mutu dan kredibilitas program studi. Inilah 8 universitas swasta di Indonesia yang memiliki jurusan Psikologi dengan akreditasi A.

BACA JUGA:

Yuk, simak lebih lanjut untuk menemukan kampus yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi akademis kamu!

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas swasta yang berlokasi di Yogyakarta ini menawarkan program studi psikologi dengan akreditasi A.

Melalui berbagai kegiatan, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, program psikologi UII mengedepankan keunggulan Psikologi Islami.

Lulusan dari program psikologi ini memiliki berbagai peluang karir, termasuk sebagai psikolog, penguji psikotes, manajer atau staf Sumber Daya Manusia (SDM), konselor pendidikan, dan pengajar.

2. Universitas Tarumanegara (Untar)

Salah satu universitas swasta terkemuka yang menawarkan jurusan psikologi adalah Universitas Tarumanegara, yang sering dikenal dengan sebutan Untar.

Universitas ini telah meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), yang berlaku dari 19 September 2023 hingga 15 November 2027.

Untar menyediakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, termasuk Program Pertukaran Mahasiswa, Konferensi Nasional dan Internasional, Penelitian, Magang, dan Kegiatan Pengabdian Masyarakat atau KKN.

3. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Selain Untar, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang berada di Yogyakarta juga mendapatkan akreditasi unggul dari BAN PT.

Didirikan pada tahun 1994, universitas ini memiliki visi untuk menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis komunitas yang dipandu oleh nilai-nilai Islam dan diakui secara internasional.

UAD menawarkan pembelajaran yang kreatif dengan dasar nilai-nilai kemuhammadiyahan dan keislaman.

4. Universitas Sanata Dharma (USD)

Dari Yogyakarta juga, terdapat universitas swasta lain yang memiliki akreditasi A untuk jurusan psikologi, yaitu Universitas Sanata Dharma (USD).

Fakultas Psikologi USD bertujuan untuk menghasilkan sarjana psikologi yang berfungsi sebagai profesional pembantu.

Fakultas ini memiliki beberapa bidang minat, antara lain Psikologi Umum dan Eksperimental, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Klinis.

5. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang, yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur, juga menawarkan program psikologi dengan akreditasi A yang sangat baik.

UMM memiliki tiga program studi sejak tahun 2008, yaitu Sarjana Psikologi, Magister Sains Psikologi, dan Magister Profesi Psikologi.

Selain itu, Fakultas Psikologi UMM juga menyelenggarakan program kelas internasional untuk memperkuat pengakuan internasional sebagai pusat studi psikologi terapan yang berbasis pada nilai-nilai Islam di Asia Tenggara.

6. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma (Gundar) merupakan salah satu pilihan yang diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia.

Jurusan psikologi di universitas ini menawarkan dua program, yaitu Program Sarjana (S1) dan Program Magister (S2).

7. Universitas Katolik Atma Jaya (Unika Atma Jaya)

Didirikan pada tahun 1992, Unika Atma Jaya telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional.

Fakultas psikologi di Unika Atma Jaya mencakup tiga jurusan, yaitu Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi Klinis, dan Psikologi Pendidikan.

Selain Program Sarjana (S1), universitas ini juga memiliki program lain seperti Program Profesi, Program Magister (S2), dan Program Doktoral (S3).

8. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

UKSW adalah universitas swasta terakhir yang memiliki jurusan psikologi dengan akreditasi A yang patut dicatat.

Program psikologi di UKSW berkomitmen untuk mengembangkan ilmu psikologi dari perspektif lintas budaya, baik secara teoritis maupun praktis.

Jurusan Psikologi di kampus ini juga menawarkan kurikulum yang mendidik mahasiswa untuk menjadi psikolog yang profesional.

Memilih kampus dengan jurusan psikologi terbaik adalah langkah awal menuju karir yang sukses di bidang ini. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu kamu memilih universitas yang tepat!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*