Sederet Daftar Beasiswa SMP di Luar Negeri yang Bisa Jadi Peluang Menarik untuk Dicoba

Ilustrasi Beasiswa (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Beasiswa (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Coba cek di sini yuk sederet daftar beasiswa SMP di luar negeri yang bisa jadi peluang menarik untuk dicoba.

Belajar di luar negeri setelah lulus Sekolah Dasar (SD) adalah salah satu hal paling mengesankan yang bisa dialami seorang anak.

Beasiswa tidak hanya tersedia untuk jenjang kuliah saja; banyak peluang juga terbuka bagi mereka yang ingin merasakan pendidikan di luar negeri sejak SMP.

BACA JUGA:

Beberapa beasiswa SMP di luar negeri ini menawarkan berbagai fasilitas menarik. Belajar di luar negeri sejak usia dini akan membantu Anda mengembangkan mental yang kuat karena harus tinggal di negara asing.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keunggulan akademis dibandingkan dengan siswa rata-rata di Indonesia, yang akan memberikan Anda kesan yang mendalam dan bermakna.

Yuk, cek di sini daftar Beasiswa SMP di Luar Negeri ini!

1. Beasiswa American Foreign Service Association (AFSA)

AFSA memberikan beasiswa melalui Kontes Esai tahunan untuk siswa kelas 9 hingga 12. Pemenang esai terbaik mendapatkan $2.500 dan perjalanan ke Washington D.C. untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri.

Penerima beasiswa juga mendapatkan tempat tinggal gratis di Black Pearl selama satu semester dan kesempatan berlayar keliling dunia.

2. Beasiswa Kompetisi Film Pelajar Tahunan ke-8 dari IOFF

International Ocean Film Festival (IOFF) membuka beasiswa melalui Kompetisi Film Pelajar Tahunan yang akan selalu diselenggarakan di setiap tahunnya.

Kompetisi ini terbuka untuk siswa kelas 8 hingga 12 dari seluruh dunia. Tiga pemenang teratas di setiap kategori film mendapatkan hadiah uang tunai hingga $500.

3. Beasiswa Hubert Humphrey

Humphrey Fellowship adalah program beasiswa untuk siswa yang ingin memperkuat keterampilan kepemimpinan mereka.

Fasilitas yang diberikan termasuk materi pelajaran, menghadiri konferensi, pelatihan bahasa Inggris pra-akademik, tunjangan biaya hidup, tunjangan menetap, perlindungan kecelakaan dan sakit, tunjangan buku, dan subsidi komputer.

4. PrepareRI Internship Program

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI membuka beasiswa Prepare Rhode Island (Prepri) untuk siswa SMP. Program ini memberikan pengalaman yang bagus untuk portofolio akademik dengan salary $11.25 per jam.

5. Beasiswa SEAYLP

Southeast Asia Youth Leadership Program (SEAYLP) menawarkan beasiswa untuk pelajar SMP Indonesia yang berprestasi.

Fasilitas yang diberikan meliputi biaya administrasi program, perjalanan internasional dan domestik, tempat tinggal, serta tunjangan biaya makan yang ditanggung oleh Departemen Luar Negeri AS.

6. Cambridge University Scholarship

Didesain untuk siswa sekolah menengah berusia antara 14-18 tahun, Reach Cambridge menawarkan beasiswa untuk program musim panas 2 hingga 3 minggu di Universitas Cambridge, Inggris.

Meskipun hanya program pertukaran pelajar, kesempatan ini sangat baik untuk pendidikan Anda selanjutnya.

Persyaratan utama adalah menulis esai luar biasa dengan tema seperti jurnalisme dan media, seni pertunjukan, hukum, bioteknologi, kedokteran, atau fisika dan teknik.

Fasilitas yang diberikan mencakup biaya program, akomodasi, kunjungan ke beberapa daerah, dan sebagian biaya makanan. Namun, beasiswa ini tidak mencakup tiket pulang-pergi Inggris-Indonesia.

7. Andeo International Homestays Scholarship

Andeo menawarkan beasiswa musim panas di luar negeri untuk semua siswa SMP. Program ini mengharuskan penguasaan bahasa Inggris yang baik dan pengisian lamaran singkat.

Negara tujuan yang bisa dipilih termasuk Jerman, Jepang, atau Meksiko. Penerima beasiswa mendapatkan uang tunai hingga Rp 15 juta dan tinggal di homestay selama program berlangsung.

8. Beasiswa Program Perjalanan Pemuda Dua Dunia

Two Worlds Youth Travel menawarkan beasiswa yang berlangsung di lebih dari 32 negara, dari musim panas hingga satu tahun penuh.

Program ini terbuka untuk siswa usia 15-18 tahun. Beasiswa ini mencakup biaya antara $250 hingga $1800, serta fasilitas lain seperti tempat tinggal dan biaya akomodasi perjalanan.

Beasiswa SMP di luar negeri ini hanyalah permulaan, jadi jangan ragu untuk mencari beasiswa lain yang tersedia.

Pengalaman belajar di luar negeri akan memperkaya kemampuan akademik dan membuka peluang lebih besar untuk masa depan Anda.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*