Ramai Nih! Data Universitas Indonesia Bocor, Begini Penjelasan Kampus

Kampus UI
Kampus UI
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Data Universitas Indonesia (UI) diduga jadi sasaran pencurian dan penjualan data ilegal di forum BreachForums. Tapi UI membantah!

Informasi kebocoran data UI ini salah satunya disampaikan akun X @FalconFeedsio.

“Seorang anggota BreachForums telah memposting tentang pelanggaran data signifikan yang melibatkan Universitas Indonesia,” tulis pengunggah.

Di unggahan itu juga ada tangkapan layar situs peretasan yang menampilkan laman Center for Independent Learning UI.

BACA JUGA:

Data yang diduga bocor itu mencakup informasi pribadi, seperti nomor registrasi, nomor identifikasi, nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, serta tinggi dan berat badan.

Ada juga informasi alamat, nomor telepon, email, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan yang lain.

UI membantah

Sementara, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Amelita Lusia membantah kabar yang menyebut kebocoran data UI.

Bantahan itu disampaikan usai pihaknya melakukan pengecekan dan penelusuran setelah kabar peretasan beredar.

“Tidak ada indikasi kebocoran data yang tersimpan pada beberapa sistem yang dimiliki UI,” katanya.

Ia memastikan tak ada indikasi kebocoran data pada sistem UI juga berlaku bagi data dari Center for Independent Learning (CIL) yang fotonya dicatut di media sosial.

CIL UI merupakan platform yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan magang dan studi independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri.

Amelita mengatakan, unggahan di media sosial tersebut menimbulkan kesan bahwa kejadian merujuk pada CIL, sehingga menimbulkan keresahan.

“Pada kenyataannya kami tidak menemukan adanya data yang bocor dari berbagai sistem kami, termasuk dari CIL,” terangnya.

Namun, UI akan meningkatkan pengamanan. “Kejadian ini mendorong kami untuk meningkatkan pengamanan terhadap sistem informasi dan data yang ada di UI,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*