Nuffic Dipercaya Jadi Lead Program SCOPE HE di Kawasan ASEAN

Sharing for Empowerment

Secara konkret SCOPE HE akan memperkuat hubungan antar masyarakat dengan fokus pada pendidikan, penelitian, jaringan universitas serta pendidikan dan pelatihan.

Tiga Pilar Program SCOPE-HE

Adapun tiga pilar program SCOPE-HE, yakni pertama, pilar mobilitas akademik untuk meningkatan mobilitas pelajar dan kualitas akademik melalui pengakuan kualifikasi dan kredit akademik, pemfasilitasan dialog kebijakan, dan memberikan bantuan teknis serta peningkatan kapasitas kepada lembaga-lembaga di ASEAN.

“Pilar mobilitas akademik ini dalam implementasinya akan dilaksakan oleh Nuffic bekerja sama dengan DAAD.”

Kedua, pilar jaringan universitas guna mendukung pengembangan jaringan universitas UE-ASEAN, mendorong penelitian kolaboratif di berbagai bidang seperti transisi hijau, transformasi digital, dan ekonomi biru, serta penyelenggarakan simposium, penelitian tematik dan skema mobilitas untuk mahasiswa doktoral dan peneliti. Pilar ini akan diimplementasikan oleh DAAD.

Ketiga, pilar jaringan kejuruan untuk meningkatkan kemampuan kerja lulusan dengan menyelaraskan pendidikan kejuruan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja yang selama ini memang telah banvak dilakukan oleh Nuffic melalui pendampingan sekolah-sekolah kejuruan. Oleh kebab itu, tak mengherankan kalau pilar ini akan dijalankan Nuffic South East Asia (Nuffic SEA).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*