Nah Ini! Kamu Tidak Suka Hitung-hitungan? Inilah 10 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Ilustrasi: Inilah 10 jurusan kuliah yang paling favorit bagi pelajar SMA. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Inilah 10 jurusan kuliah yang paling favorit bagi pelajar SMA. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah ada jurusan kuliah yang tidak ada matematika? Ternyata ada banyak jurusan yang tidak mengharuskan kamu mempelajari matematika, cek di sini!

Matematika seringkali menjadi momok bagi sebagian orang ketika ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Namun, kalau kamu memiliki minat dan bakat di luar bidang matematika, ada beragam pilihan jurusan kuliah yang tidak ada matematika!

Artinya, tidak dibutuhkan penguasaan matematika yang mendalam. Jadi, kalau kamu tipe orang yang benci dengan hitung-hitungan, bisa mengambil alternatif pilihan ini.

BACA JUGA:

Lalu, apa saja jurusan kuliah yang menawarkan alternatif bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar impian tanpa harus pusing menghitung?

1. Sastra dan Bahasa

Jurusan sastra dan bahasa mempelajari studi tentang bahasa, sastra, dan budaya. Mahasiswa dalam jurusan ini akan mempelajari keindahan dan kompleksitas bahasa, serta memahami peran sastra dalam membentuk pemikiran manusia dan masyarakat.

Dari sastra klasik hingga sastra kontemporer, jurusan ini memungkinkan kamu untuk mengekspresikan diri dengan cara kreatif melalui kata-kata.

Tenang saja, kalau kamu mengambil jurusan Sastra dan Bahasa, tidak mata kuliah yang secara khusus mengharuskan Anda untuk pandai matematika.

2. Seni Rupa

Kalau kamu memiliki ketertarikan dalam ekspresi visual dan kreativitas, jurusan Seni Rupa adalah pilihan yang menarik. Di sini, mahasiswa Seni Rupa mempelajari berbagai teknik dan konsep dalam seni lukis, patung, dan banyak lagi.

Tidak ada matematika ketika kamu nantinya mengambil jurusan ini. Sebaliknya, kamu akan belajar mengembangkan bakat seni sambil memahami estetika dan makna di balik karya seni.

3. Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika selanjutnya adalah Ilmu Komunikasi. Di sini, mahasiswa akan belajar memahami dinamika komunikasi manusia dalam berbagai konteks. Mahasiswa akan belajar tentang teori komunikasi, media massa, komunikasi antarpribadi, dan komunikasi organisasi.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mengasah keterampilan verbal dan non-verbal serta mempelajari cara efektif untuk menyampaikan pesan kepada khalayak yang beragam. Jadi, tenang saja, kamu tidak akan belajar matematika kalau mengambil jurusan ini!

4. Jurnalistik

Mengambil jurusan Jurnalistik juga tidak akan membuat kamu harus belajar matematika. Kalau tertarik pada dunia berita dan media, jurusan Jurnalistik adalah pilihan yang menarik.

Mahasiswa dalam jurusan ini akan belajar tentang prinsip-prinsip jurnalisme, penulisan berita, penyiaran, dan produksi media.

Nantinya, kamu akan diajarkan keterampilan investigasi, wawancara, dan penyuntingan yang diperlukan untuk menjadi seorang jurnalis yang kompeten.

5. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum adalah salah satu jurusan kuliah yang tidak ada matematikanya. Nah, jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk memahami sistem hukum dan proses hukum dalam sebuah negara.

Meskipun pada beberapa aspek hukum memerlukan pemahaman tentang konsep matematika seperti statistik untuk analisis data, namun Anda tidak akan belajar matematika secara rumit.

Hal ini dikarenakan fokus utama jurusan ini adalah pemahaman teori hukum, kasus-kasus preseden, sistem hukum, dan prosedur hukum.

6. Seni Musik

Jurusan Seni Musik fokus pada pengembangan keterampilan musik, interpretasi karya musik, teori musik, dan sejarah musik.

Meskipun teori musik melibatkan konsep-konsep seperti irama, harmoni, dan notasi musik, yang semuanya memiliki elemen matematika, pendekatan dalam jurusan ini lebih terfokus pada pengalaman artistik dan ekspresi musikal daripada penggunaan matematika yang rumit.

7. Sosiologi

Sosiologi adalah studi tentang masyarakat, struktur sosial, interaksi manusia, dan dinamika kelompok. Matematika tidak menjadi fokus utama dalam disiplin ilmu ini. Sebaliknya, sosiologi menekankan analisis kualitatif dan pemahaman tentang pola sosial, proses sosial, dan pengaruh sosial.

Jadi, kalau kamu tidak suka matematika, jurusan ini cocok sekali. Jurusan kuliah yang tidak ada matematika ini lebih menekankan studi terkait interaksi manusia. Ada beberapa universitas dengan jurusan Sosiologi terbaik, yaitu:

8. Administrasi Publik

Administrasi Publik menjadi jurusan kuliah untuk anak IPS yang tidak ada matematika dan bisa kamu coba. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai manajemen organisasi pemerintah dan sektor publik lainnya.

Memang ada beberapa mata kuliah memasukkan beberapa elemen matematika dalam kurikulum, seperti analisis kebijakan atau manajemen keuangan publik.

Fokus utamanya tetap saja pada proses administratif, kebijakan publik, dan etika dalam pelayanan publik. Jadi, tenang saja, jurusan ini aman dari matematika yang rumit

9. Ilmu Politik

Ilmu politik mempelajari struktur, proses, dan teori politik dalam suatu masyarakat. Banyak aspek ilmu politik lebih menekankan pada pemahaman teoritis dan analisis konseptual daripada pemodelan matematika.

Studi dalam ilmu politik mencakup topik seperti sistem politik, komunikasi politik, kebijakan publik, dan sebagainya.

10. Filsafat

Jurusan kuliah yang tidak ada hitungan matematika selanjutnya adalah Filsafat. Filsafat sendiri merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang pertanyaan-pertanyaan mendasar mengenai keberadaan, pengetahuan, nilai, logika, dan etika.

Jarang sekali terdapat aplikasi matematika yang signifikan dalam bidang filsafat ini. Fokus filsafat adalah pada pemahaman konseptual dan argumen rasional.

Bagaimana nih apakah kamu jadi tertarik dengan jurusan kuliah yang tidak ada matematika? Ayo, tentukan segera pilihanmu!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*