Inspirasi 25 Tahun Cikal, Berangkat dari Pengalaman Seorang Ibu

Najeela Shihab, Pendiri Sekolah Murid Merdeka (SMM). (Ist.)
Najeela Shihab, Pendiri Cikal dan Sekolah Murid Merdeka (SMM). (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada tahun 2024 Cikal resmi menjadi institusi pendidikan dan komunitas pelajar sepanjang hayat yang telah bertumbuh selama 25 tahun. Di usia 25 tahun Cikal telah bertumbuh, Najelaa Shihab, pendiri Cikal, menceritakan kilas balik inspirasi dan impiannya tentang Cikal di dalam waktu-waktu mendatang.

Ia mengungkapkan bahwa pendirian Cikal sebagai lembaga pendidikan bermula dari pengalamannya sebagai seorang ibu dan juga sebagai seorang pendidik muda yang ingin menemukan lembaga pendidikan yang sejalan dengan tujuan pengasuhan di rumah.

“Aku mendirikan Cikal sebetulnya setelah punya pengalaman di Universitas Indonesia. Saat itu aku jadi staf pengajar di Universitas Indonesia dan dalam konteks personal aku juga sudah jadi ibu di usia yang muda, sehingga berangkat dari pengalaman menjadi ibu, aku mencoba mencari lembaga pendidikan yang kira-kira tujuan pendidikannya sesuai dengan tujuan pengasuhan untuk anakku,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Dalam pencariannya kala itu, ternyata ia tidak menemukan lembaga yang sesuai dengan tujuan pengasuhannya, sehingga ia pun menginisiasi “Cikal” yang bertujuan untuk menumbuhkan potensi-potensi terbaik dari dalam diri anak dan dalam proses pendidikan anak pun akan melibatkan semua pihak, tak hanya orang tua saja, atau guru di sekolah saja.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*