Wajib Tahu! Inilah 7 Jenis Program Insentif Dosen dan Besaran Nominalnya

Sharing for Empowerment

Oleh karena itu, dosen perlu menyesuaikan dengan ketentuan program yang berlaku. Besaran dana bantuan biasanya ditentukan oleh kebijakan internal kampus dan tercantum dalam buku panduan program insentif. Secara umum, dana bantuan ini berkisar antara Rp5 juta hingga Rp20 juta.

2. Insentif penerbitan buku ilmiah

Jenis insentif berikutnya adalah untuk penerbitan buku ilmiah. Program ini memberikan dana bantuan kepada dosen untuk penerbitan buku ajar, monograf, referensi, atau book chapter.

Setiap kampus memiliki aturan tersendiri, misalnya hanya untuk penerbitan buku ajar. Dosen dianjurkan untuk membaca panduan program agar dapat menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Besaran dana bantuan juga bergantung pada kebijakan internal PT. Berdasarkan informasi dari Direktorat Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia (UII), dana insentif ini berkisar dari Rp4 juta per bab buku hingga Rp15 juta untuk penerbitan buku lengkap.

3. Insentif penelitian

PT dapat menyediakan program hibah penelitian atau program insentif penelitian bagi dosen, sesuai kebijakan internal masing-masing. Salah satu kampus yang menawarkan insentif penelitian adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*