Perlu Kamu Ketahui! 3 Juli, Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia, Begini Sejarahnya!

Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia. (Ist.)
Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – International Plastic Bag Free Day atau Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia diperingati setiap 3 Juli. Begini sejarahnya!

Peringatan ini bermula dari kesadaran global akan penyebaran yang luas dan menjadi salah satu penyumbang utama sampah di dunia.

Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia juga untuk meningkatkan kesadaran terhadap dampak negatif dan kerugian yang ditimbulkan oleh penggunaan kantong plastik sekali pakai.

BACA JUGA:

Ditemukan tumpukan sampah plastik di lautan

Pada 1997, pelaut dan peneliti, Charles Moore menemukan tempat dengan tumpukan sampah plastik terbesar, yaitu Great Pacific Garbage Patch (GPGP).

GPGP merupakan yang terbesar dari lima zona akumulasi plastik lepas pantai di lautan dunia, terletak antara Hawaii dan California.

Sejak itulah, sampah plastik mulai dibahas dalam wacana publik.

Tetapi, baru pada 2002, ada kebijakan negara yang melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Bangladesh menjadi negara pertama yang melembagakan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai.

Kebijakan tersebut lantas memengaruhi negara lain yang mulai mengikuti peraturan pelarangan penggunaan sampah plastik, seperti Rwanda, Afrika Selatan, Australia, Italia, dan Cina.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*