Kontroversi! Manfaat Daun Kratom untuk Medis, Tapi Perlu Kejelasan Regulasi

Daun kratom. (dok.brin)
Daun kratom. (dok.brin)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Daun kratom kini tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Bermanfaat untuk keperluan medis, komoditas petani, tapi butuh regulasi yang jelas!

Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini menarik perhatian publik karena klaim manfaat kesehatan dan kontroversi yang menyertainya.

Kratom atau dikenal dengan nama ilmiah Mitragyna speciosa, telah lama digunakan masyarakat di wilayah Asia Tenggara untuk keperluan medis tradisional.

Daun ini dipercaya memiliki efek analgesik, stimulan, dan dapat membantu mengatasi kecanduan opioid.

BACA JUGA:

Atasi rasa sakit kronis, kecemasan, dan depresi

Peneliti dari Pusat Riset Vaksin dan Obat, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Masteria Yunovilsa Putra menjelaskan, opioid adalah sekelompok obat yang bekerja pada sistem saraf pusat untuk menghasilkan efek pereda nyeri dan euphoria.

“Sebagian besar opioid menghasilkan efek analgesik, dengan mengaktifkan reseptor mu-opioid. Namun demikian, penggunaan beberapa senyawa opioid dalam jangka panjang dapat mengakibatkan efek samping yang merugikan, seperti toleransi terhadap dosis analgesik, depresi pernafasan dan konstipasi,” papar Masteria.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*