Wajib Paham! Cek 7 Perbedaan Abstrak dan Pendahuluan pada Artikel Ilmiah

Sharing for Empowerment

5. Sasaran Pembaca

Perbedaan selanjutnya adalah sasaran pembaca. Abstrak ditujukan untuk pembaca yang ingin mendapatkan gambaran umum tentang isi artikel tanpa membaca keseluruhan dokumen.

Sasarannya adalah peneliti yang mencari referensi cepat dan editor jurnal yang memutuskan relevansi artikel.

Sementara pendahuluan ditujukan untuk pembaca yang telah memutuskan untuk membaca artikel secara lebih mendalam sehingga membantu pembaca memahami latar belakang penelitian dan mengapa topik tersebut penting.

6. Struktur dan Format

Abstrak seringkali mengikuti format yang sangat ketat dan standar, dengan batasan kata yang jelas. Beberapa jurnal bahkan memiliki format tersendiri yang harus diikuti.

Adapun pendahuluan lebih fleksibel dalam hal struktur, meskipun tetap harus terorganisir dengan baik. Penulis dapat lebih bebas menjelaskan latar belakang dan konteks dengan cara yang logis dan koheren.

7. Gaya Penulisan

Abstrak ditulis dengan gaya yang sangat padat dan to the point. Tidak ada ruang untuk eksplorasi atau elaborasi yang berlebihan.

Nah, kalau pendahuluan ditulis dengan gaya yang lebih naratif dan deskriptif. Penulis dapat menggunakan argumen dan referensi untuk mendukung pernyataan mereka dan mengarahkan pembaca pada tujuan penelitian.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*