Wajib Paham! Cek 7 Perbedaan Abstrak dan Pendahuluan pada Artikel Ilmiah

Menulis skripsi merupakan salah satu tahapan menantang dalam studi mahasiswa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam penulisan artikel ilmiah, abstrak dan pendahuluan merupakan dua bagian yang sangat penting dan memiliki fungsi yang berbeda.

Meskipun kadang membingungkan, memahami perbedaan antara keduanya sangatlah penting untuk menghasilkan tulisan yang jelas dan informatif.

Abstrak memberikan gambaran umum yang ringkas tentang keseluruhan artikel, sementara pendahuluan memberikan latar belakang dan konteks yang lebih rinci.

BACA JUGA:

Dengan memahami dan memanfaatkan perbedaan ini, penulis dapat menyusun artikel ilmiah yang lebih jelas, terstruktur, dan efektif.

Cek di sini tujuh perbedaan utama antara abstrak dan pendahuluan pada artikel ilmiah.

1. Fungsi Utama

Abstrak berfungsi sebagai ringkasan singkat dari keseluruhan artikel. Ini memberikan gambaran umum tentang tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, dan kesimpulan. Tujuannya adalah untuk membantu pembaca memahami secara cepat inti dari artikel tersebut.

Sementara pendahuluan berfungsi untuk memberikan konteks dan latar belakang penelitian. Pendahuluan menjelaskan masalah yang dihadapi, alasan penelitian dilakukan, dan tujuan penelitian. Bagian ini bertujuan untuk mengajak pembaca memahami pentingnya topik yang dibahas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*